Pemkab Situbondo Anggarkan Pembangunan Infrastruktur Jalan Tembus ke Bondowoso

id Situbondo infrastruktur jalan

Pemkab Situbondo Anggarkan Pembangunan Infrastruktur Jalan Tembus ke Bondowoso

Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto. (Novi H)

Situbondo (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, pada 2018 mengalokasikan dana Rp7 miliar untuk peningkatan jalan tembus dari Desa Kayumas ke Desa Kalisat Jampit, Kabupaten Bondowoso.

Sejauh ini jalan tembus Desa Kayumas, Kecamatan Arjasa ke Desa Kalisat Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso masih makadam atau hanya lapisan batu kasar dah halus, ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Pemkab Situbondo, Gatot Siswoyo di Situbondo, Senin.

Ia mengemukakan infrastruktur jalan di daerah pegunungan yang akan dibangun pada tahun 2018 itu sepanjang 11 kilometer dengan kondisi jalan menurun dan menanjak yang melewati perkebunan kopi milik PT Perkebunan Nusantara XII Kebun Kayumas.

Pembangunan infrastruktur jalan di daerah pegunungan yang memiliki ketinggian sekitar 800 hingga 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu, katanya, sebagai salah satu penunjang wisata di Desa Kayumas yang sudah dideklarasikan sebagai desa wisata penyangga Gunung Ijen, Kabupaten Bondowoso.

"Sesuai arahan Bupati Situbondo, dalam rangka mempersiapkan pencanangan 'Tahun Kunjungan Wisata 2019' kami memiliki tugas memperbaiki infrastruktur jalan menuju lokasi objek wisata," katanya.

Sebelumnya, Bupati Situbondo Dadang Wigiarto telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bondowoso yang difasilitasi oleh Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) agar infrastruktur jalan di perbatasan Situbondo-Bondowoso sama-sama dibangun (perbaiki).

"Perbaikan infrastruktur jalan di Desa Kayumas yang merupakan jalur alternatif menuju Gunung Ijen, tentunya kami juga meminta dukungan dari Gubernur Jawa Timur," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar