Jokowi Targetkan Kerusakan Infrastruktur Pacitan Akibat Banjir Selesai Akhir Desember (Video)

id Jokowi Targetkan Infrastruktur Pacitan Selesai Akhir Desember, Jokowi ke Pacitan

Jokowi Targetkan Kerusakan Infrastruktur Pacitan Akibat Banjir Selesai Akhir Desember (Video)

Presiden meninjau lokasi tanggul jebol di sungai Grindulu, Desa ploso, Pacitan pada Sabtu (9/12). Presiden memberikan bantuan kepada warga dan menargetkan penyelesaian tanggul pada akhir Desember 2017. Foto : Desca Lidya (jatim.antaranews.com)

Perbaikan infrastruktur dikerjakan maksimal akhir bulan ini selesai, jalan yang separuh longsor sudah selesai, rampung
Pacitan (Antara Jatim) - Presiden Joko Widodo menargetkan perbaikan infrastruktur rusak akibat banjir bandang dapat selesai akhir Desember.

"Perbaikan infrastruktur dikerjakan maksimal akhir bulan ini selesai, jalan yang separuh longsor sudah selesai, rampung," kata Presiden Joko Widodo usai meninjau kondisi SMP Negeri 1 Arjosari, Pacitan, Jawa Timur, Sabtu.

Presiden datang ke SMP itu untuk meninjau lokasi bencana sekaligus memberikan bantuan kepada warga yang terkena banjir bandang akibat siklon Cempaka pada akhir November lalu.

Di lapangan SMP tersebut tampak tumpukan buku yang menggunung sebagai dampak banjir. Selain mengunjungi SMP, Presiden juga mendatangi pondok pesantren Tremas dan pondok pesantren Al Fattah Kikil yang masih beradai di kecamatan Arjosari.

Sebelumnya, Presiden mengunjungi tanggul Sungai Grindulu yang jebol akibat bencana yang sama.

"Yang kedua berkaitan dengan tanggul tadi, kita beri waktu 2 minggu untuk bisa diselesaikan," tambah Presiden.

Terkait kerusakan sarana dan prasarana sekolah, Presiden meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy melakukan koordinasi agar pada Januari sudah dapat pulih.

"Berkaitan dengan sekolah, ada sarana prasarana yang rusak, ada 89 sekolah yang rusak, entah komputer yang rusak, buku-buku perpustakaan rusak, nah ini sudah segera disiapkan oleh Pak Menteri Pendidikan, kira-kira Januari akhir sudah masuk semuanya, agar anak-anak dapat mulai belajar," ungkap Presiden.

Sedangkan untuk lokasi yang terkenal bencana longsor dan ambles akan dicari lokasi penampungan sementara.

"Dan ada satu yang ambles harus dicarikan satu lokasi yang lain dulu baru nanti dibangun juga segera kalau lokasi. Ada pak bupati, nanti langsung kementerian Pendidikan yang mengerjakan itu sedangkan untuk rumah-rumah yang rusak dan ambrol dikerjakan Pak Gubernur," tambah Presiden.

Ikut mendampingi peninjauan tersebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Staf Khusus Presiden Johan Budi dan Gubernur Jawa Timur Sukarwo.(*)
Video Oleh Destyan H Sujarwoko


Pewarta :
Editor: Chandra Hamdani Noer
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar