KONI Situbondo Lakukan Penjaringan Atlet (Video)

id Situbondo olahraga

KONI Situbondo Lakukan Penjaringan Atlet (Video)

Para pelajar saat mengikuti tes pemanduan bakat olahraga di halan Kantor KONI Situbondo. Sabtu (9/12) (Novi H)

Situbondo (Antara Jatim) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, melakukan penjaringan atlet bagi pelajar SMP dan SMA/SMK pascalomba lari lintas alam (trail hill run) beberapa waktu lalu.

"Dari jumlah 11.817 peserta lomba lari lintas alam yang digelar 5 November 2017, setelah diseleksi ada sekitar 150 pelajar SMP maupun SMA sederajat yang kami lakukan tes pemanduan bakat sejak kemarin," kata Ketua KONI Kabupaten Situbondo Reno Widigyo di Situbondo, Sabtu.

Ia mengatakan, kegiatan tes pemanduan bakat olahraga bagi pelajar untuk penjaringan atlet muda ini dilakukan bertujuan memandu dan mengarahkan pelajar ke cabang olahraga (cabor) yang pas dan sesuai postur tubuh dan kemampuan.

Sebanyak 150 pelajar hasil seleksi lomba lari lintas alam itu, katanya, sudah memiliki fisik yang sangat bagus dan sangat berpotensi karena dari belasan ribu peserta lomba lari lintas alam hanya 150 pelajar yang terseleksi mengikuti tes pemanduan bakat olahraga.

"Yang jelas nantinya mereka kami arahkan ke cabang olahraga yang cocok dan sesuai hasil tes yang dilakukan oleh para pelatih dari berbagai cabang olahraga," katanya.

Sementara Imam Marsudi, selaku Ketua Tim Pemandu Bakat KONI Situbondo mengatakan bahwa masing-masing peserta dilakukan tes mulai tinggi badan, tinggi duduk, berat badan, rentang lengan, tes lempar tangka bola tenis, lempar bola basket, loncat tegak, lari kelincahan, lari cepat (40 meter) dan lari multi tahap (MFT).

"Kami melakukan tes pemanduan ini sudah dilakukan kajian-kajian dan penelitian serta kegiatan seperti ini juga berhasil dilakukan di tempat atau daerah lain. Yang pasti tes pemanduan ini dilakukan hanya mengarahkan bakat olahraga," katanya. (*) 
Video Oleh Novi Husdinariyanto

Pewarta :
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar