Pelindo III Siap Layani Lonjakan Penumpang Natal dan Tahun Baru

id pt, pelindo, iii, pelabuhan, tanjung, perak, surabaya, liburan, natal, tahun, baru, 2017, 2018

Pelindo III Siap Layani Lonjakan Penumpang Natal dan Tahun Baru

Dirut PT Pelindo III Ari Ashkara (tiga dari kanan) menerima kunjungan anggota Komisi V DPR RI di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Kamis (7/12). (Antara Jatim/ Hanif Nashrullah)

Lonjakan arus penumpang untuk liburan natal dan tahun baru nanti saya kira tidak terlalu signifikan
Surabaya (Antara Jatim) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III (Persero) menyatakan siap melayani arus lonjakan penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada musim liburan natal 2017 dan tahun baru 2018. 
     
"Arus penumpang angkutan laut untuk liburan natal dan tahun baru skalanya biasanya lebih kecil dibanding musim libur lebaran," ujar Direktur Utama PT Pelindo III I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra, kepada wartawan, di sela menerima kunjungan anggota Komisi V DPR RI di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Kamis. 
     
Pria yang akrab disapa Ari Ashkara itu membandingkan, dari pengalaman-pengalaman tahun sebelumnya, arus penumpang angkutan laut pada musim libur lebaran di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya mencapai total 500 ribu orang, sedangkan untuk musim libur natal dan tahun baru hanya sekitar 2 ribu orang.
     
Atas perbandingan tersebut, dia mengatakan tidak ada persiapan yang siginifikan untuk menyambut lonjakan penumpang pada musim liburan natal 2017 dan tahun baru 2018.
     
"Tidak ada spesifik tambahan fasilitas, seperti mendirikan tenda posko dan bis gratis sekompleks seperti yang kami siapkan pada musim lebaran lalu," ujarnya. 
     
Pada musim liburan natal dan tahun baru lalu, PT Pelindo III mencatat total arus penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya mencapai 2.400 orang.
     
Terbanyak adalah penumpang dengan tujuan Makassar, Sulawesi Selatan, Kupang, Nusa Tenggara Timur, dan Denpasar, Bali.
     
"Sama seperti musilm libur lebaran, biasanya pada H-3 Pelabuhan Tanjung Perak dipenuhi oleh penumpang yang akan pergi ke luar pulau. Sedangkan pada H+3 dipenuhi oleh penumpang yang datang dari luar pulau," ujarnya. 
     
Mantan Direksi PT Garuda Indonesia itu memperdiksi lonjakan arus penumpang pada musim liburan natal 2017 dan tahun baru 2018 tidak terlalu signifikan dari angka 2.400 penumpang sebagaimana yang tercatat pada tahun lalu.
     
"Kalau peningkatan arus penumpang pada musim lebaran lalu sebesar 30 persen. Tapi kalau lonjakan arus penumpang untuk liburan natal dan tahun baru nanti saya kira tidak terlalu signifikan, kisarannya tidak lebih dari 2.400 penumpang," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar