Renyahnya Kerupuk Ampas Tahu Khas Desa Puri Mojokerto (Video)

id Kerupuk Ampas Tahu

Renyahnya Kerupuk Ampas Tahu Khas Desa Puri Mojokerto (Video)

Kerupuk Ampas Tahu (Indra)

Mojokerto, (Antara Jatim) - Selama ini, masyarakat di Indonesia sudah tidak asing lagi dengan bahan makanan yang diberi nama tahu. Makanan berbahan dasar kedelai ini, sering digunakan sebagai bahan dasar mengolah masakan.

Salah satunya yang dilakukan oleh Umi khasanah warga RT 2 RW 1, Desa Puri, Mojokerto yang mencoba membuat olahan berbahan dasar tahu ini menjadi kerupuk.

Tapi tunggu dulu, ini bukan tahunya yang digunakan sebagai tapi ampas tahu yang oleh sebagian orang ampas tahu tersebut sudah dibuang dan tidak dipergunakan lagi.

Namun di tangan terampil perempuan yang akrab dipanggil Mbak Mis ini bisa disulap menjadi panganan yang mempunyai nilai ekonomis tinggi.

Dengan mencampurkan beberapa resep seperti tepung tapioka, bawang putih, garam ampas tahu ini bisa disulap menjadi sebuah kerupuk dengan rasa yang gurih dan renyah

Hudi Priyo Widodo salah satu warga setempat mengaku cukup antusias dan menyukai kerupuk dari ampas tahu ini karena rasanya yang lebih gurih dibandingkan dengan kerupuk yang lainnya

Menurutnya rasa bawang dan juga kedelai yang dihasilkan dari ampas tahu ini sangat terasa enak untuk memanjakan lidah.

"Rasanya enak gurih kedelainya sangat terasa, apalagi nanti bisa dikembangkan dengan rasa-rasa yang lain seperti rasa pedas rasa asam manis satu juga rasa yang lainnya," katanya.

Untuk setiap kemasan kerupuk ampas tahu yang masih mentah dijual dengan harga Rp10 ribu untuk kemasan setengah kilogramnya.

"Saat ini pesanan kerupuk ampas tahu ini masih berkisar untuk warga sekitar yang ada di desa setempat dan juga beberapa kecamatan di Kabupaten Mojokerto ini," ujarnya.

Ia berharap, usaha kerupuk ampas tahu ini bisa dikembangkan lagi, tidak hanya dari segi rasa, tetapj juga dari segi kualitas, supaya produk khas Desa Puri ini bisa dikenal oleh masyarakat luas.

"Selama ini, pemasaran yang dilakukan masih sebatas dari mulut ke mulut sehingga belum banyak dijangkau oleh masyarakat luas," ujarnya.

Pria yang juga berprofesi sebagai guru ini mengatakan untuk menikmati kerupuk ampas tahu ini bisa disandingkan dengan makanan lain seperti kopi atau teh.

"Namun, lebih enak lagi kalau disandingkan dengan bumbu petis, atau juga sebagai pendamping lauk untuk makan sehari-hari," katanya.

Jadi, mau bagaimana lagi, silahkan datang ke Desa Puri, Kecamatan Puri, Mojokerto untuk menikmati sensasi lezatnya makan kerupuk dari ampas tahu.(*)
Video Oleh Indra Setiawan


Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar