Menikmati Kerindangan Hutan Trembesi di Tengah Kota Madiun

id Menikmati Kerindangan Hutan Tengah Kota di Taman Trembesi, taman trembesi, taman Trembesi madiun, KPH madiun, hutan tengah kota madiun, wisata hutan di kota

Menikmati Kerindangan Hutan Trembesi di Tengah Kota Madiun

Sejumah pengunjung sedang menikmati wisata hutan di Taman Trembesi Jalan Rimbakaya Kota Madiun, Jatim. (Foto : Louis Rika)

Madiun (Antara Jatim) - Bagi warga Kota Madiun dan sekitarnya tak perlu jauh-jauh pergi ke pegunungan untuk bisa menikmati suasana wisata hutan yang rindang dan sejuk. 

Sebab, sensasi itu dapat dinikmati di Taman Trembesi yang lokasinya berada di tengah Kota Madiun, tepatnya di Jalan Rimbakaya, Kecamatan Kartoharjo. Taman itu didirikan dan dikelola oleh Perum Perhutani KPH Madiun sejak pertengahan tahun 2017.

Meski berada di tengah kota, saat memasukinya, pengunjung seolah sedang berada di dalam hutan yang lebat. Sebab, di dalam Taman Trembesi banyak terdapat pohon trembesi besar yang berusia ratusan tahun.

Untuk menikmati wisata hutan tersebut, pengunjung dikenakan tarif Rp3.000 per orang. Pihak pengelola telah menyediakan banyak tempat duduk dari kayu berukuran jumbo dan mainan ayunan bagi para pengunjung. 

Tidak hanya itu, pengelola juga menyediakan sejumlah wahana yang dapat dinikmati di antaranya terdapat wahana "paintball", mobil ATV, "minitrail", "flying" fox sepanjang 70 meter, dan panahan dengan tarif per wahana berkisar Rp15.000 hingga Rp25.000 per orang.

Banyak juga titik di lokasi taman tersebut yang bisa digunakan sebagai "spot" untuk berswafoto bersama tema ataupun keluarga.

Pengunjung juga bisa merasakan kesejukan Taman Trembesi sambil menikmati aneka kuliner yang disediakan di lokasi tersebut denga harga yang sangat terjangkau. 

"Sejak dibuka bulan Juni lalu hingga sekarang, minat warga Kota madiun dan sekitarnya untuk berkunjung ke Taman Trembesi cukup tinggi. Rata-rata berkisar 100 hingga 200 orang saat hari biasa, dan lebih dari 500 orang untuk kunjungan di akhir pekan," ujar salah satu staf pengelola Taman Trembesi, Hasan.

Ia menjelaskan, sebelumnya, Taman Trembesi merupakan tempat penyimpanan kayu milik KPH Madiun. Luas areanya mencapai 4,5 hektare. Dari luas tersebut, hanya sekitar 70 persen yang digunakan sebagai tempat penyimpanan kayu.

Melihat peluang yang ada, Perhutani KPH Madiun lalu memberdyakan lahan yang belum terpakai tersebut untuk lokasi wisata hutan yang murah di tengah kota. 

Salah seorang pengunjung Dwi Kartiko mengaku senang dengan adanya wisata hutan di tengah Kota Madiun. Kini ia dan keluarganya tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati suasana hutan yang alami dan asri.

"Tempatnya enak, sejuk, dan rindang. Terleih harganya juga terjangkau. Sejak buka, saya dan keluarga sering berwisata murah di sini (Taman Trembesi)," katanya.

Ia berharap pihak pengelola semakin menambah wahana dan fasiltas santai di taman tersebut. Sebab, jika tamannya bertarif murah, bersih, dan nyaman maka akan semakin banyak dikunjungi orang. Adapun, Taman Trembesi bisa dinikmati pengunjung mulai pukul 09.00 WIB hingga malam hari. (*)

Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar