DPRD Chengdu Tiongkok Jajaki "Sister City" Dengan Surabaya

id DPRD Chengdu, Tiongkok, Jajaki Sister City, Surabaya

DPRD Chengdu Tiongkok Jajaki

DPRD Kota Chengdu, Tiongkok melakukan kunjungan kerja ke DPRD Surabaya, Rabu, guna menjajaki kerja sama "sister city" antara Pemkot Chengdu dan Surabaya. (Abdul Hakim)

Kedatangan mereka di kota Surabaya ingin melihat kota-kota besar di negara ASEAN
Surabaya (Antara Jatim) - DPRD Kota Chengdu, Tiongkok melakukan kunjungan kerja ke DPRD Surabaya, Rabu, guna menjajaki kerja sama "sister city" antara Pemkot Chengdu dan Surabaya.
     
Kedatangan mereka disambut langsung Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji dan didampingi dua Wakil Ketua DPRD Surabaya Ratih Retnowati dan Masduki Toha di ruang Badan Musyawarah (Banmus) Gedung DPRD Surabaya. 

"Kedatangan mereka di kota Surabaya ingin melihat kota-kota besar di negara ASEAN," kata  Armuji saat menerima delegasi dari Chengdu.

Menurut dia, ini merupakan hubungan bilateral atau menjajaki kerja sama sister city antara dua kota. Selain kota Chengdu, lanjut dia, ada banyak kota-kota yang berupaya melakukan kerja sama dengan Surabaya seperti Jepang, Inggris, Singapura, Malaysia dan lainnya.

Armuji mengatakan selain sister city, mereka juga memberikan informasi berbagai bidang yang ada kaitannya dengan pembangunan kota. Tentunya, lanjut dia, hal ini bermanfaat nantinya untuk bisa diterapkan di Surabaya.

"Inikan sangat sederhana sekali, semua pembayaran di Chengdu non tunai atau menggunakan aplikasi berupa wechat di ponsel. Jadi mereka berikan deposit dimana wechat  bisa untuk membelanjakan segala sesuatunya yang ada di sana," katanya.

Politisi PDIP ini menilai paling cocok kerja sama Surabaya dengan Chengdu adalah dalam bidang pariwisata. Armuji mengatakan mereka akan mempromosikan pariwisata panda yang  paling terkenal di kawasan Tiongkok.

"Paling tidak mereka bisa menanamkan investasinya di Surabaya atau memberikan suatu inovasi di Surabaya. Di sana juga banyak industri," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar