Menyambut Senja di Pantai Delegan (Video)

id Pantai Delegan, Gresik

Menyambut Senja di Pantai Delegan (Video)

Suasana sore di Pantai Delegan, Gresik, Jawa Timur. (indra)

Gresik (Antara Jatim) - Sore itu, awal Oktober 2017. Cuaca di Kota Surabaya terasa sangatlah panas. Terik matahari bersinar terang menunjukkan kekuatannya. Jarum jam masih berada pada pukul sembilan pagi. Tetapi sudah terasa gerah, serasa sudah melewati paruh hari.

"Ayo siap-siap, katanya mau arisan keluarga di Gresik," teriak Maulia kepada keponak-keponakannya untuk berbegas. Hari tu, Minggu di awal bulan memang sudah menjadi jadwal bagi keluarga besar Maulia yang akan melangsungkan arisan keluarga. Dan giliran pada bulan itu, berada di rumah salah satu keluarga di Gresik.

Arisan keluarga bulan ini memang menjadi salah satu kegiatan yang terjadwal dari keluarga Maulia, tetapi yang menjadi tujuan utama adalah beristirahat sejenak di Pantai Delegan, Kecamatan Panceng, Gresik, Jawa Timur.

Dari pusat Gresik dibutuhkan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan menuju ke arah Tanjung Kodok, Lamongan. Berada di jalur pantai utara, membuat lokasi ini sangat gampang untuk ditemukan. Dari jalur utama pantura, pengunjung hanya membutuhkan sekitar lima menit untuk sampai ke lokasi wisata.

Pantai Delegan merupakan satu dari sekian banyak lokasi wisata paling dikenal di Kabupaten Gresik karena ombahknya yang tenang didukung dengan pasirnya yang masih alami. Bibir pantainya memang tidak terlalu panjang, hanya sekitar dua kilometer, tetapi suasana terasa berbeda dengan semilir angin yang berhembus pelan.

Kalau ke Pantai Delegan memang sangat terasa nikmat kalau dilakukan pada menjelang sore hari, karena suasana yang tidak begitu panas. Didukung dengan pemandangan matahari tenggelam menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Wisatawan yang hendak menikmati suasana pantai bisa dimanjakan dengan kehadiran para penjual pengananan yang berada di sepanjang lokasi. Harganya pun cukup terjangkau berkisar Rp5 ribu sampai dengan Rp20 ribu untuk setiap porsi makanan yang dipesan.

Tak elok rasanya kalau datang ke pantai tanpa menikmati kelapa muda. Di tempat ini, satu buah kelapa mudah dijual dengan harga Rp12 ribu. Hemm, semakin menambah nikmat dikala senja di pantai Delegan ini.

Tapi tunggu dulu, beristirahat di pantai ini para wisatawatan tidak perlu lagi khawatir pakainnya akan kotor terkena pasir, karena banyak di antara warga sekitar yang menyewakan tikar. Cukup merogoh kocek Rp10 ribu, tikar dengan ukuran besar bisa disewa sampai waktu habis.

Tidak itu saja, wisata pantai ini memang dikhususkan untuk anak-anak karena ombaknya yang tidak begitu tinggi. Selain itu, jarak aman antara bibir pantai dengan bendera pemantau cukup panjang, bisa mencapai puluhan meter. Jadi, jangan khawatir anak-anak akan tenggelam saat bermain di wisata ini.

Kalaupun masih ada keraguan anak-anak akan tenggelam, di tempat ini pula juga disediakan ban dalam untuk menambah serunya bermain air di pantai ini. Ya, memang khusus bagi anak-anak, di sepanjang pantai ini juga banyak dijual souvenir seperti kaos yang bertuliskan nama pantai.

Tidak seperti wisata pada umumnya, di tempat ini juga dijual berbagai macam ikan bakar hasil tangkapan para nelayan. Bisa dibeli dengan harga yang cukup murah, asalkan mampu menawar dengan baik.

Jadi, bagaimana berencana menghabiskan akhir pekan ini bersama keluarga di Pantai Delegan. Tunggu apalagi, segera berangkat.......(*)
Video Oleh Indra Setiawan


Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar