Ratusan Ribu Data Penduduk Sampang Bermasalah

id KTP Elektronik Sampang

Ratusan Ribu Data Penduduk Sampang Bermasalah

Kabid PIAK-PD Dispendukcapil Pemkab Sampang Edi Subinto (Abd Aziz)

Sampang (Antara Jatim) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Pemkab Sampang, Jawa Timur, menemukan 157.137 data KTP elektronik warga di wilayah itu bermasalah.
 
Menurut Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data (PIAK-PD) Dispendukcapil Sampang Edi Subinto, temuan data KTP elektronik bermasalah itu berdasarkan hasil verifikasi dinas selama ini.
 
"Bentuk permasalahannya seperti adanya ketidaksamaan antara nama dengan foto, serta alamat pemegang KTP," katanya di Sampang, Rabu.
 
Selain itu juga ditemukan nomor induk berbeda. "Misalnya nomor induk sekian semestinya milik "A" akan tetapi dalam data komputer justru menjadi nomor induk orang lain," kata Edi menerangkan.
 
Ia menduga, adanya permasalah data KTP elektronik di Sampang itu, seperti nama dan foto berbeda, karena saat perekaman massal banyak warga yang mewakili kepada orang lain.
 
"Mungkin dikira seperti undangan, perekaman data diwakilkan," ujarnya sembari bercanda.

Selain persoalan foto yang tertukar, yang juga menjadi temuan Dispendukcapil Sampang adalah data tanggal lahir yang tidak wajar.

Petugas menemukan ada pemilik KTP elektronik yang mengisi data kelahiran tanggal 32 bulan 28 tahun 2055.

"Mana ada tanggal hingga 32 dan tahun lahirnya 2055 seperti itu," ucap Edi.

Kabid PIAK-PD Dispendukcapil Pemkab Sampang Edi Subinto lebih lanjut menjelaskan, saat ini pihaknya masih melakukan perbaikan terkait temuan data pemilik KTP elektronik bermasalah tersebut.

"Sebab jika data-data bermasalah dan tidak wajar ini dibiarkan, maka akan menjadi rumit dikemudian hari. Sekarang kan sistemnya juga serba online," ujar Edi.
 
Jumlah warga Sampang wajib KTP tahun ini terdata sebanyak 844.872 jiwa dari total jumlah penduduk 1.004.744 jiwa. (*)
Pewarta :
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar