200 Dusun di Situbondo-Bondowoso Belum Teraliri Listrik

id Situbondo listrik daerah

200  Dusun di Situbondo-Bondowoso Belum Teraliri Listrik

(ILUSTRASI) Kenaikan Tarif Listrik Bertahap Pekerja memperbaiki jaringan listrik untuk rumah tangga di Beji, Batu, Jawa Timur, Selasa (10/5). PT PLN (Persero) menyatakan sekitar 18 juta pelanggan rumah tangga golongan 900 VA yang tidak layak mendapat

Situbondo (Antara Jatim) - Sekitar 200 dusun yang tersebar di beberapa desa di Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur belum teraliri listrik karena untuk pemasangan jaringan listrik terkendala infrastrukur jalan.

"Tercatat ada sekitar 200 dusun yang tersebar di Kabupaten Situbondo dan Bondowoso yang belum memiliki jaringan listrik. Kalau untuk desa sebenarnya sudah teraliri listrik namun ada dusun di desa-desa yang belum," ujar Asisten Manajer Perencanaan PT PLN (Persero) Wilayah Situbondo, Bertha Andriani di Situbondo, Selasa.

Ia menyebutkan, dari sekitar 200 dusun yang belum memiliki jaringan listrik itu 79 dusun di antaranya di Kabupaten Situbondo, sedangkan sisanya tersebar di Kabupaten Bondowoso.

Guna mempercepat distribusi listrik di dusun-dusun tersebut, katanya, PT PLN bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat untuk menyingkronkan program infrastruktur jalan karena masalah akses jalan menjadi bagian penting segera menuntaskan program listrik masuk desa.

"Dari angka sekitar 200 dusun yang belum memiliki jaringan listrik, diperkirakan akan terus berkembang karena kami masih terus melakukan pendataan," ucapnya.

Percepatan program Lisdes (listrik desa), lanjut dia, PLN akan meminta pemerintah daerah mempresentasikan kondisi daerah yang belum teraliri listrik agar disingkronkan dengan program pembangunan infrastruktur jalan sehingga akan mudah menjangkau untuk pemasangan jaringan listrik baru.

"Yang jelas untuk program listrik desa, kami membangun jaringan listrik dan melihat potensi pelanggan di daerah tersebut dan memprioritaskan dusun yang memiliki infrastruktur yang bisa dijangkau," tuturnya.

PLN Wilayah Situbondo menargetkan pada 2019 program listrik desa sudah tuntas dan hal itu tentunya harus didukung dengan fasilitas infrastruktur yang ada, mengingat pemasangan jaringan listrik baru juga harus didukung dengan tersedianya infrastruktur jalan yang baik untuk mempermudah pengangkutan tiang listrik dan peralatan lainnya ke lokasi. (*)
Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar