Melihat Wisata Edukasi Kampung Sapi di Batu (Video)

id Kampung Sapi, Batu, Beji

Melihat Wisata Edukasi Kampung Sapi di Batu (Video)

Papan Nama Kampung Sapi (Antara Jatim)

Kompleks tersebut dinamakan dengan "Kampung Sapi" dan menawarkan kepada pengunjung untuk melihat langsung aktivitas pemerahan sapi, sekaligus bisa langsung mencoba belajar cara memerah sapi
Kompleks peternakan sapi yang ada di Kecamatan Beji, Kota Batu, Jawa Timur bukan hanya kompleks peternakan biasa. Sebab, lokasinya didesain sedemikian rupa agar mendapatkan nilai plus bukan sekadar peternakan, melainkan menjadi wisata edukasi mengenai sapi.

Kompleks tersebut dinamakan dengan "Kampung Sapi" dan menawarkan kepada pengunjung untuk melihat langsung aktivitas pemerahan sapi, sekaligus bisa langsung mencoba belajar cara memerah sapi.

Selain itu, pengunjung juga bisa belajar bercocok tanam berbagai jenis tanaman disamping lahan peternakan, dan menawarkan beberapa kegiaran outbond wisata alam.

Ponco, salah satu pemandu di Kampung Sapi menyebut kompleks peternakan sapi sudah ada sejak tahun 2014 dan dibuka untuk umum.

Pada awalnya, kata dia, hanya berupa lahan peternakan sapi perah biasa dengan jenis sapi New Zeland yang memproduksi susu segar berkualitas impor, dan dimiliki sekaligus dikembangkan drh Deddy F Kurniawan.

Lambat laun, kompleks peternakan itu ditambahi fasilitas mulai dari peternakan sapi itu sendiri dengan koleksi sapi kawin silang, kambing perah, pabrik pengolahan susu pasteurisasi sekaligus pengemasannya, lapangan outbound, sumur biogas sebagai alternatif energi terbarukan.

Dalam kompleks juga ada lokasi peristirahatan dan pendopo pertemuan, ditambah program wisata edukasi lingkungan yang siap memanjakan pengunjung.

Ponco mengatakan, ada tiga paket wisata edukasi yang ditawarkan di Kampung Sapi, yakni paket wisata keluarga, paket wisata sekolah, serta paket outbound anak edu farm.

"Paket-paket itu intinya mengenalkan dunia peternakan kepada anak-anak dengan melibatkan dalam proses berternak dengan diselingi beragam aktifitas," katanya.

Dalam wisata itu, kata Ponco, pengunjung juga diajak untuk melihat bagaimana cara memerah sapi, memberi makan sapi, memberi susu pedet (anak sapi), serta bagaimana mengolah susu segar menjadi susu siap minum.

Sementara untuk menuju lokasi Kampung Sapi, dari Surabaya menuju Batu tepatnya di sekitar Jalan Raya Beji akan terlihat gang yang ada papan penanda SMP As kanan jalan kalau kalian dari arah Malang). 

Kemudian masuk, lurus saja nanti ada area pemakaman umum Desa Beji, sampai menemukan gapura bertulisan Kampung Sapi.

Harga tiket yang ditawarkan yaitu Rp10 ribu dan Rp25 ribu Bedanya apa? kalau Rp10 ribu eksplor Kampung Sapi ini secara sendirian, sedangkan yang Rp25 ribu kalian akan didampingi oleh tour guide yang bertugas memandu kegiatan eksplor kalian.(*)
Video Oleh: A Malik Ibrahim


Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar