Latihan Regu Pandu Tempur Korps Marinir Berakhir

id latihan regu pandu tempur, lattap rupanpur, korps marinir, antarajatim

Surabaya - Latihan Pemantapan Regu Pandu Tempur (Lattap Rupanpur) Korps Marinir di Pusat Latihan Tempur Korps Marinir Purboyo, Malang yang diikuti 126 prajurit sejak 25 Juni lalu telah berakhir pada 10 Juli lalu.

Staf Penerangan Pasmar-1 Sertu Mar Kuwadi kepada ANTARA di Surabaya, Kamis, melaporkan akhir latihan itu ditandai dengan penutupan secara resmi oleh Komandan Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) Kolonel Marinir Amir Faisol S.Sos di lapangan apel Kesatrian Ewa Pangalila, Gunungsari, Surabaya pada 11 Juli lalu.

Dalam amanat pada penutupan latihan itu, Komandan Kolatmar mengatakan latihan pemantapan Regu Pandu Tempur Korps Marinir tahun 2012 dapat terselenggara dengan lancar dan tertib berkat semangat yang tinggi serta rasa kebersamaan dan persaudaraan.

"Penyelenggaraan latihan telah berhasil memberikan kontribusi positif terhadap pembinaan kemampuan dan ketrampilan prajurit dalam upaya membentuk disiplin dan semangat juang yang tinggi sebagai dasar terbentuknya karakter dan jatidiri personel Rupanpur Korps Marinir yang profesional," katanya.

Selain itu, latihan itu juga dapat menjadi modal bagi Korps Marinir untuk menjawab tuntutan dan tantangan tugas yang semakin keras, kompleks dan dinamis.

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu dijajaran Kolatmar itu mengucapkan selamat kepada Regu Pandu Tempur Batalyon Infanteri-1 Marinir yang berhasil menjadi yang terbaik dalam Lattap Rupanpur Korps Marinir tahun 2012.

"Selamat kepada Rupanpur Yonif-1 Marinir yang telah berhasil menjadi yang terbaik, prestasi ini hendaknya dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi, karena prestasi ini akan memberikan kehormatan dan kebanggaan, baik kebanggaan pribadi maupun kesatuan," tegasnya.

Komandan Kolatmar juga mengharapkan agar kebanggaan ini hendaknya diletakkan dalam konteks peningkatan pembinaan dan latihan serta dijadikan landasan guna terbentuknya prajurit Korps Marinir yang bermoral, profesional dan dicintai rakyat.

Kepada peserta yang belum berhasil, latihan ini dapat menjadi pendorong semangat untuk lebih giat berlatih agar pada kesempatan yang akan datang dapat mencapai prestasi yang lebih baik.

Dalam laporannya, Letkol Marinir Raja Erjan Girsang selaku Perwira Pelaksana Latihan mengatakan Lattap Rupanpur Korps Marinir 2012 diikuti 126 peserta.

"Mereka berasal dari Brigif-1 Marinir sejumlah 42 orang, Brigif-2 Marinir sebanyak 42 orang dan Brigif-3 Marinir sebesar 42 orang," katanya dalam penutupan yang dihadiri Asisten Operasi Pasmar-1 Kolonel Marinir Y. Rudi Sulistyanto, Wadan Kolatmar Letkol Marinir Hendry Wardaya, Pasbangtik Kolatmar Letkol Marinir Anom Wijaya, dan Danpuslatpasrat Mayor Marinir R. Wira Gantoro. (*)
Pewarta :
Editor: Chandra Hamdani Noer
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar