Dani Lesmana Juarai Etape V "Speedy Tour de Indonesia"

id balap, sepeda, speedy tour de indonesia, PSN, jimmy pranata, klasemen sementara, dani lesmana

Dani Lesmana Juarai Etape V

Tawangmangu - Pebalap Polygon Sweet Nice Surabaya, Dani Lesmana menjadi yang tercepat pada Speedy Tour de Indonesia 2011 etape V dari Semarang menuju Tawangmangu yang mencapai garis akhir di Puncak Pas Cemoro Kandang Tawangmangu, Kamis.

Dani Lesmana mampu membukukan catatan waktu 04.34.14 disusul rekan satu timnya Bambang Suryadi dengan waktu 04.34.38. Dani juga memastikan diri menjadi pebalap Indonesia pertama yang mampu menjuarai etape STDI 2011.

"Sesuai dengan target. Betul kan pebalap kami akan melakukan akrobat. Ini adalah pencapaian yang luar biasa," kata manager PSN Wawan Setyobudi.

Menurut dia, kerjasama tim yang diintruksikan berjalan dengan baik. Kondisi itu sangat menguntungkan. Dengan sistem menyimpan tenaga saat lintasan datar sangat menguntungkan di tanjakan tertinggi di STDI 2011.

Setelah masuk lintasan tanjakan, kata dia, dua pebalap andalannya yaitu Dani Lesmana dan Bambang Suryadi langsung melakukan "break" dan sulit dikejar oleh pebalap lain baik lokal maupun asing.

"Lawan terberat adalah pebalap lokal. Mereka banyak yang mengetahui karakter lintasannya," kata Wawan menambahkan.

Hawa dingin di lereng Gunung Lawu membuat pembalap sedikit menggigil. Pihak manajemen tim pun langsung bergerak cepat dengan memakaikan jaket serta baju kering pada semua pebalapnya.

Setelah dilepas didepan Kantor Walikota Semarang semua pebalap langsung mengayuh sepedanya dengan cepat meski langsung dihadapkan dengan tanjakan yang cukup tinggi dan dilanjutkan dengan "rolling".

Para pebalap masih tergabung dalam rombongan besar. Setelah sampai di Ungaran rombongan mulai terpecah dalam beberapa bagian. Sejak keluar Semarang sambutan masyarakat cukup meriah.

Sesampainya di Salatiga semua pebalap dihadapkan dengan turunan yang cukup panjang hingga memasuki Boyolali. Lalu lintas di sepanjang perjalanan cukup ramai tetapi aparat keamanan telah bersiaga di tempat-tempat yang dinilai rawan kemacetan.

Masuk kota Boyolali hingga Solo lintasan yang dilalui relatif mudah karena datar. Spesialis "sprint" akan beradu cepat di km 94,6.
Pada titik tersebut pebalap dari Jerman Wurtternberg, Harry Kraft menjadi yang tercepat disusul Maruli Fajar Mulia dari Customs Cycling Club).

Tantangan sebenarnya terjadi setelah masuk Karanganyar. Dimulai dengan tanjakan landai berbelok-belok menyambut semua pebalap. Kondisi itu terus terjadi di sepanjang jalan. Yang membedakan hanyalah tingkat ketinggiannya saja.

Meski menanjak, lintasan yang dilalui cukup bagus. Kanan kiri lintasan dihiasi pemandangan alam lereng Gunung Lawu. Hamparan perkebunan membentang luas di sepanjang jalan yang dilalui.

Pada lintasan tanjakan tersebut pebalap terbagi dalam beberapa rombongan sehingga membuat barisan rombongan memanjang. Meski demikian, di sepanjang jalan masyarakat sekitar lereng gunung Lawu terus memberikan dukungan.

Akhirnya setelah mampu membukukan catatan waktu 04.34.14 pebalap dari PSN, Dani Lesmana menjadi yang tercepat dan menjuarai etape V STDI 2011, disusul Bambang Suryadi yang juga dari PSN. Dani juga menjadi yang tercepat di titik KOM (king of mountain) sehingga mendapatkan 15 poin.

Setelah menyelesaikan etape tersebut seluruh pebalap akan istirahat satu hari di Surakarta. Selanjutnya etape VI dari Surakarta menuju Pacitan baru dilanjutkan Sabtu (8/10).
Pewarta :
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar