Panitia Pilkades Situbondo buat aplikasi khusus seputar pilkades

id Pilkades Situbondo,pemilihan kepala desa,aplikasi khusus pilkades,DPMD Situbondo

Panitia Pilkades Situbondo buat aplikasi khusus seputar pilkades

Kabid Pemdes Dinas PMD Situbondo, Yogiae Krispian Syah. (ANTARA Jatim/ Novi H)

Situbondo (ANTARA) - Panitia Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, berinovasi membuat aplikasi khusus seputar pilkades guna memudahkan masyarakat memperoleh informasi mengenai tahapan pilkades.

"Inovasi memanfaatkan teknologi bikin aplikasi khusus pilkades ini di Desa/ Kecamatan Mangaran. Aplikasi yang dibikin panitia pilkades itu mirip aplikasi data pemilih di KPU," ujar Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Situbondo, Yogie Kripsian Syah di Situbondo, Selasa.

Ia menjelaskan, aplikasi khusus pilkades tersebut bisa di download di playstore dan berisi beberapa konten, mulai daftar pemilih, daftar calon kepala desa, panitia pilkades dan tahapan-tahapan pelaksanaan pilkades.

Menurut ia, gua memastikan masyarakat sudah terdaftar atau tidak sebagai pemilih di desanya, masyarakat cukup memasukan NIK (Nomor Induk Kependudukan) di aplikasi dan akan langsung diketahui.

Selain itu, lanjut Yogie, masyarakat juga bisa mengetahui calon-calon kepala desa dan juga nama-nama  panitia pilkades, karena semuanya akan tercantum dalam aplikasi yang dapat diakses gadget masyarakat.

"Kami sangat mengapresiasi kreatifitas Panitia Pilkades Desa Mangaran, karena mereka bisa memanfaatkan teknologi untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi," katanya.

Kata Yogie, saat ini tahapan Pilkades 2019 masih dalam pendataan daftar pemilih dan akan berlangsung hingga 29 Agustus 2019.

"Ada lima desa yang akan melaksanakan Pilkdes e-voting,  dan sampai saat ini kami masih menunggu pengesahan Perda-nya. Jika Perda sudah disahkan, desa yang akan melakukan pilkades e-voting tinggal melakukan simulasi," katarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar