Kota Madiun siap cetak SDM unggul untuk Indonesia Maju

id HUT Kemerdekaan RI,HUT RI,Kota Madiun,Pemkot Madiun,SDM unggul Indonesia Maju

Kota Madiun siap cetak SDM unggul untuk Indonesia Maju

Wali Kota Madiun Maidi selaku Inspektur Upacara saat menyerahkan bendera Merah Putih kepada petugas Paskibraka saat pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Alun-Alun Kota Madiun, Sabtu (17/8). (Antara/Diskominfo Kota Madiun)

Generasi ke depan harus lebih baik dan bisa menata kehidupan ini lebih sempurna. Lebih tahan banting dan optimistis,
Madiun (ANTARA) - Wali Kota Madiun Maidi menyatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur siap mencetak sumber daya manusia (SDM) generasi bangsa yang unggul untuk mewujudkan Bangsa Indonesia yang maju.

Hal itu sesuai dengan tema nasional yang diusung pemerintah pada HUT Ke-74 Kemerdekaan RI tahun 2019, yakni "SDM Unggul Indonesia Maju". 

"Usia kemerdekaan Republik Indonesia ini sudah dewasa. Untuk itu, apa yang bisa kita lakukan guna mengisi kemerdekaan ini," ujar Wali Kota Madiun Maidi dalam kegiatan malam resepsi kenegaraan dan tasyakuran memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI tahun 2019, tanggal 17 Agustus di halaman Balai Kota Madiun, Sabtu (17/8) malam.

Sejalan dengan tema SDM Unggul Indonesia Maju, upaya meningkatkan kualitas masyarakat di Kota Madiun pun telah dirancang oleh Pemkot. Baik melalui beasiswa maupun pelatihan. Sehingga, seluruh masyarakat dapat berkontribusi mengisi kemerdekaan Indonesia dan mempertahankannya tetap utuh.

Lebih lanjut, Maidi juga meminta warga Kota Madiun untuk berpartisipasi dalam pembangunan sebagai wujud upaya mengisi kemerdekaan Indonesia. Serta, meningkatkan daya saing di mata dunia.

Wali Kota pun berharap, HUT RI ke-74 ini dapat menjadi momentum kebangkitan masyarakat dalam mempertahankan kemerdekaan dan menjaga keutuhan NKRI serta mengisinya dengan kegiatan yang positif, kreatif, dan selalu menebarkan sikap optimistis. Apalagi, di tengah kondisi global yang tak menentu. 

"Generasi ke depan harus lebih baik dan bisa menata kehidupan ini lebih sempurna. Lebih tahan banting dan optimistis," tegasnya.

Sebelum resepsi kenegaraan, diketahui prosesi peringatan detik-detik pembacaan Proklamasi Kemerdekaan dan pengibaran Sang Saka Merah Putih dalam rangka memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia berlangsung khidmat di Alun-Alun Kota Madiun, Sabtu (17/8).

Gelegar dentuman meriam dan suara sirine cukup memberikan sensasi gemetar dalam dada. Kondisi tersebut sangat sukses membawa masyarakat kembali ke masa perjuangan para pahlawan di medan perang melawan penjajah dalam merebut kemedekaan. Peserta upacara terlihat antusias dan khidmat mengikuti prosesinya dengan lancar.

Sementara itu, prosesi resmi pengibaran bendera hingga atraksi hiburan berjalan sukses mewarnai upacara yang digelar pada pukul 09.00 hingga 12.00 WIB itu. 

Adapun pembawa baki pada saat upacara pengibaran bendera dilakukan oleh Adela Putrikyza Kinanti siswi dari SMA 3 Taruna Angkasa. Sedangkan petugas pengibaran bendera adalah Zakky Al Mubarak dari SMA 3 Taruna Angkasa, Satria Kusumadana dari SMAN 1 Madiun, dan Muhammad Dafa dari SMAN 4 Madiun.

Kondisi khidmat juga terlihat pada saat upacara penurunan bendera Merah Putih yang dimulai pada pukul 15.30 WIB hingga petang. Tangis haru tak terbendung sesaat setelah para paskibraka menyelesaikan tugas mulianya.

Adapun, Adela Putrikyza Kinanti dari SMA 3 Taruna Angkasa kembali didapuk sebagai pembawa baki pada saat upacara penurunan bendera. Menyusul pasukan penurunan bendera adalah R Sadewa Indira Banyunaksa, R Nakula Indira Banyunaksa, dan Zakky Al Mubarak yang juga berasal dari SMA 3 Taruna Angkasa.

Wali Kota Madiun Maidi pun memberikan apresiasi kepada seluruh pengisi acara dan semua pihak yang terlibat, sehingga kegiatan upacara  peringatan detik-detik pembacaan Proklamasi Kemerdekaan dan pengibaran, serta penurunan bendara Sang Saka Merah Putih dalam rangka memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia berjalan lancar. 

Sementara, acara resepsi kenegaraan merupakan puncak dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kota Madiun yang berlangsung sejak tanggal 1 hingga 28 Agustus 2019.

Rangkaian tersebut diawali dengan kegiatan doa kebangsaan di Taman Lalu Lintas Bantaran Madiun pada tanggal 1 Agustus. Setelah itu terdapat berbagai perlombaan yang diikuti aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemkot Madiun pada tanggal 9 Agustus 2019.

Kemudian pada tanggal 12 Agustus diselenggaraakan upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan RI (Satya Lancana Karya Satya) di halaman depan Balai Kota Madiun. Lalu tanggal 14 Agustus terdapat kegiataan ulang janji Hari Pramuka. 

Dilanjutkan dengan pengukuhan anggota Paskibraka Kota Madiun tahun 2019 di Wisma Haji pada tanggal 15 Agustus. Tanggal 16 Agustus diselenggarakan mendengar pidato kenegaraan di gedung DPRD Kota Madiun dan renungan malam di Taman Makam Pahlawan Kota Madiun.

Kemudian tanggal 17 Agustus dilaksanakan upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, upacara penurunan bendera, dan resepsi kenegaraan pada malam harinya di Balai Kota Madiun.

Perayaan HUT RI di Kota Madiun dilanjutkan dengan gelaran Karnaval Kemerdekaan pada tanggal 28 Agustus 2019. Karnaval diikuti oleh siswa SD, SMP, dan SMA di Kota Madiun, OPD, BUMD, BUMN, perusahaan swasta, dan komunitas di Kota Madiun dan sekitarnya. 
 
Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar