Berwisata di tembok kuno kota Xi'an (Video)

id tembok kuno xi'an, tembok kota xi'an, benteng xi'an, kota lama xi'an

Berwisata di tembok kuno kota Xi'an (Video)

Bagian samping gerbang selatan. (ANTARA Jatim/Zabur Karuru)

Surabaya (ANTARA) - Tembok kuno ini merupakan benteng pertahanan pada zamannya berdiri mengelilingi kota Xi'an lama. Dibangun lebih dari 600 tahun yang lalu (abad XIV) oleh Zhu Yuanzhang, yaitu Kaisar pertama pada Dinasti Ming, berbentuk segi empat dan setiap beberapa ratus meter terdapat menara pandang.

Uniknya dari benteng ini adalah tetap mempertahankan keasliannya (arsitektur khas Tiongkok), walaupun di beberapa tempat dibongkar untuk pelebaran jalan, namun tidak terlihat seperti bekas pembongkaran. Jadi tetap terawat asri. Kita bisa berjalan kaki atau menggunakan sepeda mengelilingi tembok.

Mungkin ini salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi sebagai tujuan wisata yang menakjubkan. Terletak di tengah Guanzhong Plain, terdapat sebuah benteng tembok besar kota Xi'an, tembok ini merupakan tembok benteng tertua dan masih terpelihara dengan baik di China.
 
Pengunjung memasuki Gerbang Selatan XI'an di Xi'an, Shaanxi, China, Sabtu (6/7/2019). (ANTARA Jatim/Zabur Karuru)

Tembok Xi'an ini memiliki ketinggian 12 meter dengan lebar bagian atasnya antara 12-14 meter, sementara lebar bagian bawah atau dasarnya antara 15-18 meter. Tembok ini berdiri sepanjang 13,7 kilometer yang mengelilingi area seluas 14 kilometer persegi di dalam kota.

Ada empat pintu gerbang utama dan merupakan satu-satunya cara untuk akses masuk dan keluar ke kota kuno. Setiap gerbang diawasi oleh penjaga pada tiga menara.

Saat ini, tembok kota Xi'an terbuka untuk umum dan memperbolehkan pengunjung yang ingin menikmati berjalan-jalan menelusuri tembok. Dikarenakan tembok ini memiliki lebar yang cukup besar di bagian atasnya, maka cara yang terbaik menelusuri tembok ini adalah dengan bersepeda.

Tidak perlu was-was karena tembok ini bisa diibaratkan seperti sebuah jalan yang baik untuk bersepeda. Malah kegiatan bersepeda di atas tembok ini menjadi salah satu kegiatan yang populer di kota Xi'an.

Untuk itu, jika kita tertarik ingin menikmati suasana tembok kota kuno Xi'an, jangan lupa untuk membawa sepeda, atau sepeda dapat disewa di Southern Water Tower.
 
Suasana Gerbang Selatan XI'an di Xi'an, Shaanxi, China, Sabtu (6/7/2019). Gerbang yang dibangun pada tahun 582 M saat Dinasti Sui tersebut merupakan gerbang terbesar di antara sepuluh gerbang di Xi'an, dan merupakan salah satu benteng pertahan terbaik di China. (ANTARA Jatim/Zabur Karuru)

Untuk mengakses bagian atas, pengunjung harus masuk ke salah satu gerbang utama dan membayar 54 yuan (sekitar Rp112 ribu) per orang. Dari bagian atas tembok ini kita bisa melihat pemandangan kota lama Xi'an yang berada pada lingkungan dalam dan "kota baru" dengan gedung-gedung pencakar langitnya yang berada di luar kawasan tembok.

Video Oleh Chandra Hamdani Noor
 
Pewarta :
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar