BMKG: Jatim Memasuki Puncak Musim Hujan

id BMKG Juanda, Puncak Musim Hujan,jatim masuk musim hujan,intensitas hujan di jatim

BMKG: Jatim Memasuki Puncak Musim Hujan

Perkiraan cuaca yang ada di Jawa Timur, Selasa (15/1) (Ist)

masyarakat diminta untuk lebih waspada terhadap potensi terjadinya bencana alam ini, terutama daerah-daerah yang menjadi langanan banjir dan juga tanah longsor
Sidoarjo (Antaranews Jatim) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, menginformasikan jika saat ini wilayah Jawa Timur sudah memasuki puncak musim hujan, seiring tingginya curah hujan yang terjadi di sejumlah daerah beberapa hari terakhir.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh TS di Sidoarjo, Selasa, mengatakan, saat ini sejumlah wilayah di Jatim memiliki intensitas hujan yang cukup tinggi, jika dibanding beberapa pekan sebelumnya.

"Saat ini bisa dibilang Jawa Timur sudah memasuki puncak musim hujan mengingat tingginya intensitas hujan yang terjadi di provinsi setempat," katanya.

Ia menjelaskan, suatu wilayah dikatakan sudah memasuki puncak hujan ketika intensitas hujan cukup tinggi dan lama, kemudian disusul dengan luasan wilayah yang terkena hujan.

"Itu yang secara umum terjadi saat puncak musim hujan seperti biasanya," katanya.

Teguh menambahkan, ada beberapa dampak bencana alam yang kemungkinan bisa terjadi saat puncak musim hujan seperti saat ini, di antaranya tanah longsor dan banjir.

"Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk lebih waspada terhadap potensi terjadinya bencana alam ini, terutama daerah-daerah yang menjadi langanan banjir dan juga tanah longsor," katanya.

BMKG juga terus berkoordinasi dengan instansi lainnya untuk menginformasikan peringatan dini terjadinya hujan yang di wilayah Jatim. "Termasuk juga melalui grup whatsapp yang selalu kami update setiap waktu," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar