Komitmen Perhatikan UMKM, Sandiaga Uno Siapkah Langkah "Tujuh Pas"

id cawapres,sandiaga uno,umkm,tujuh pas,pilpres,surabaya

Komitmen Perhatikan UMKM, Sandiaga Uno Siapkah Langkah

Cawapres Sandiaga Uno didampingi Koordinator Relawan Sahabat Prabowo-Sandi Jatim Fauzi Mahendra saat dialog UMKM di Sentra Wisata Kuliner Urip Sumoharjo Surabaya, Selasa (1/1). (Foto Fiqih Arfani)

Saya dan Pak Prabowo komitmen dan melakukan tujuh langkah bagi pedagang kecil mandiri di Tanah Air

Surabaya (Antaranews Jatim) - Calon Wakil Presiden RI nomor urut 02 Sandiaga Uno komitmen memperhatikan pedagang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui program “Tujuh Pas”.



“Saya dan Pak Prabowo komitmen dan melakukan tujuh langkah bagi pedagang kecil mandiri di Tanah Air,” ujarnya di sela dialog ekonomi awal tahun UMKM dan pengusaha se-Surabaya bersama Cawapres Sandiaga di Sentra Wisata Kuliner Urip Sumoharjo Surabaya, Selasa.



Ia menyampaikan, program tersebut terdiri dari pendaftaran terhadap pedagang kecil mandiri, pelatihan, pendampingan, perizinan, pemasaran, pelaporan keuangan, dan pemberian akses permodalan.



Menurut dia, pelaku UMKM sangat membutuhkan perhatian di semua lini, seperti pelatihan dan pendampingan agar dalam menjalankan usahanya mampu bertahan, bahkan semakin berkembang.



Begitu juga tentang perizinan yang disebutnya sangat rentan dengan masalah hukum jika tidak mendapatkan pengetahuan tepat.



“Lalu di sektor pemasaran harus dijaga, terlebih di era digital sekarang ini,” ucap mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut.



UMKM, kata dia, merupakan penggerak ekonomi Indonesia sesungguhnya sehingga bersama Prabowo berjanji fokus pada pengusaha kecil dan menengah.



“99 persen ekonomi kita digerakkan UMKM, 97 persen lapangan kerja diserap UMKM dan 60 persen PDB disumbang dari UMKM. Inilah denyut nadi ekonomi sesungguhnya,” katanya.



Di sisi lain, kedatangan Sandiaga Uno ke pusat kuliner di tengah Kota Surabaya tersebut merupakan kunjungan ke 969 dari berbagai daerah di Indonesia sejak awal kampanye lalu.



Sebelum berdialog dengan pelaku UMKM dan PKL, Sandiaga menyapa pedagang di Pasar Tradisional Larangan Sidoarjo, lalu silaturahim ke pengasuh Pondok Pesantren Sabilur Rosyad Al Usmani Sidoarjo, KH Amiruddin Mu’in.



Agenda Sandiaga berlanjut ke Makam Sunan Ampel untuk melakukan ziara, kemudian ke Pulau Madura di Bangkalan serta Sampang dalam rangka silaturahim ke sejumlah pondok pesantren setempat.



Menurut Koordinator Relawan Sahabat Prabowo-Sandi Jatim Fauzi Mahendra, padatnya jadwal Sandiaga Uno semakin memantabkan target bahwa Jatim adalah lumbung suara bagi Prabowo-Sandi di Pemilihan Presiden mendatang.



“Sejak awal kami memang siap menyumbang suara sebanyak-banyaknya dari Jatim untuk Prabowo-Sandi,” kata pengusaha muda tersebut.



Pemilihan Presiden 17 April 2019 diikuti dua pasangan calon, yakni Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin untuk nomor urut 01, dan nomor urut 02 adalah Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. (*)

Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar