Dortmund Unggul Sembilan Poin di Puncak Klasemen

id dortmund, unggul sembilan poin, puncak klasemen, liga jerman

Dortmund Unggul Sembilan Poin di Puncak Klasemen

Ilustrasi - Para pemain Borussia Dortmund. (twitter.com/bvb) (antara jatim)

Jakarta (Antara) - Jadon Sancho dan Marco Reus berandil besar menjadikan Borussia Dortmund memimpin sembilan poin di puncak klasemen Liga Jerman, setelah timnya menang 2-1 atas Borussia Moenchengladbach dalam pertandingan yang dimainkan di Signal Iduna Park, Dortmund, pada Sabtu dini hari WIB.

Tambahan tiga poin membawa Dortmund mengoleksi 42 poin, sedangkan Moenchengladbach tetap berada di peringkat kedua dengan 33 poin, demikian catatan pertandingan di laman resmi Liga Jerman.

Kedua tim tidak menurunkan susunan pemain terkuatnya di pertahanan karena berbagai cedera, namun selama 40 menit babak pertama keduanya memainkan permainan sengit sebelum gol pertama tercipta. Reus memiliki peluang pertama di laga ini setelah mendapat operan dari Paco Alcacer, namun Yann Sommer dapat menggagalkan upaya sang kapten.

Menjelang menit ke-30, hantaman cedera menimpa kubu tuan rumah ketika Alcacer harus ditarik keluar lapangan untuk digantikan dengan Mario Goetze. Namun justru operan sang pemain pengganti yang memicu terjadinya gol pertama ketika Dortmund berharap menuju turun minum dengan keunggulan.

Dari serangan balik, Goetze mengirimkan bola kepada Sancho di kotak penalti, dan pemain muda Inggris itu mampu menaklukkan Oscar Wendt dalam situasi satu lawan satu sebelum melepaskan tembakan ke gawang dari sudut yang terasa mustahil, dan memasukkan bola ke sudut jauh pada menit ke-42.

Pemain 18 tahun itu akan berpikir bahwa ia membawa timnya memimpin menuju turun minum, namun Cristoph Kramer mampu menyamakan kedudukan untuk tim tamu. Di mana pada penampilan perdananya sejak Oktober, sang gelandang menjadi sosok pertama di kotak penalti Dortmund yang menyambar bola melewati kiper Roman Buerki setelah mendapat umpan silang Denis Zakaria pada menit ke-45.

Dortmund menggebrak sejak awal babak kedua, dan mampu kembali unggul pada menit ke-54. Sancho bergerak memotong sebelum mengirimkan bola ke posisi sayap kanan untuk Goetze. Sang pemain pengganti melakukan assist keduanya di laga ini dengan kiriman umpan akurat, yang dapat diteruskan Reus untuk menjadi gol.

Reus hampir mencetak gol keduanya melalui tendangan bebas, yang membentur tiang gawang.

Pelatih Gladbach Dieter Hecking melakukan beberapa pergantian pemain dan memasukkan pemain-pemain menyerang Thorgan Hazard dan Alassane Plea, namun pertahanan Dortmund mampu meredam keduanya.

Tim tuan rumah mengamankan tiga poin yang penting dalam persaingan perebutan gelar juara, membawa mereka unggul tiga poin atas Gladbach dan Bayern Muenchen, yang akan melawat ke markas Eintracht Frankfurt pada Sabtu.

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Jerman:
Borussia Dortmund: Buerki, Piszczek, Weigl, Toprak, Hakimi, Witsel, Delaney, Sancho (Wolf 90+2), Reus, Guerreiro (Bruun Larsen 90+3), Alcacer (Goetze 34)

Borussia Moenchengladbach: Sommer, Johnson, Beyer, Strobl, Wendt, Kramer (Hofmann 68¿), Zakaria, Neuhaus (Cuisance 81), Hazard, Plea, Herrmann (Traore 73) (*)
Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar