Pemprov Jatim Sediakan Rumah Sakit Sementara di Pulau Sapudi

id pemprov jatim, gubernur jatim,rs sementara,pulau sapudi

Pemprov Jatim Sediakan Rumah Sakit Sementara di Pulau Sapudi

Warga mungunggui keluarganya usai dievakuasi keluar ruangan ketika terjadi gempa di RS Larasati Pamekasan, Jatim, Kamis (11/10) dini hari. (Antara Jatim/Saiful Bahri/mas/18)

Rumah sakit sangat diperlukan di sana karena warga, terutama korban luka-luka tidak mau dirawat di Sumenep
Surabaya (Antaranews Jatim) - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyediakan rumah sakit sementara di Pulau Sapudi untuk menangani korban luka-luka akibat gempa dengan magnitudo 6,3 Skala Richter yang mengguncang wilayah Jatim dan Bali pada Kamis (11/10) pukul 01.57 WIB.

"Rumah sakit sangat diperlukan di sana karena warga, terutama korban luka-luka tidak mau dirawat di Sumenep," ujar Gubernur Jatim Soekarwo kepada wartawan di Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan Surabaya, Kamis.

Karena bersifat sementara, maka rumah sakit dibangun dalam bentuk tenda, namun peralatan yang disiapkan didatangkan dari Surabaya sehingga sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.

Menurut dia, kesehatan menjadi salah satu faktor sangat penting di Pulau Sapudi yang menjadi lokasi terparah akibat gempa, bahkan terdapat tiga korban jiwa di kawasan kepulauan tersebut.

Gubernur menegaskan, pihaknya segera mendatangkan keperluan, terutama yang menjadi kebutuhan mendesak, antara lain peralatan maupun dokter untuk bedah umum dan bedah tulang atau ortopedi.

"Segera kami kirim dari Dinas Kesehatan dan RSUD dr Soetomo, termasuk dari TNI dan Polri. Semua sudah disiapkan dan berangkat menuju Pulau Sapudi membuka posko kesehatan," kata Pakde Karwo, sapaan akrabnya.

Sebelumnya, BMKG melaporkan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,47 LS dan 114,43 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55 km arah timur laut Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo pada kedalaman 12 kilometer.

Gempa terasa di seluruh wilayah Jatim, meliputi Kabupaten/Kota Situbondo, Jember, Banyuwangi, Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Bondowoso, Sumenep, Pamekasan, Sampang dan Bangkalan.

Kemudian, Kabupaten Pasuruan Kota Pasuruan, Kota Batu, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, Surabaya, Sidoarjo, Jombang, Kabupaten Mojokerto dan Kota Mojokerto. (*)

Baca juga: Pemprov Jatim Targetkan Pembangunan Rumah Rusak Selesai Tiga Minggu
Baca juga: Pakde Karwo Hadiri Pemakaman Bocah Korban Gempa di Sapudi
Baca juga: Kapolda Jatim: Korban Gempa Sumenep Minta Dibangunkan Rumah
Pewarta :
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar