BMKG Prediksi Musim Hujan November 2018

id BMKG, Hujan, Musim Hujan, Musim Kemarau

BMKG Prediksi Musim Hujan November 2018

BMKG Juanda saat melakukan temu media, Selasa (25/9) (Indra)

Untuk musim hujan tahun ini mengalami kemunduran sekitar satu dasarian namun hal itu masih dalam kondisi yang normal dan tidak begitu berdampak
Sidoarjo (Antaranews Jatim) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksikan jika musim hujan yang terjadi di Jawa Timur akan terjadi pada November 2018, menyusul saat ini sudah memasuki akhir musim kemarau menuju musim hujan.

Koordinator BMKG Jatim Nurhuda, Selasa mengatakan, saat ini sudah ada beberapa wilayah di Jatim yang mengalami hujan terutama untuk wilayah pegunungan.

"Untuk musim hujan tahun ini mengalami kemunduran sekitar satu dasarian namun hal itu masih dalam kondisi yang normal dan tidak begitu berdampak," ujarnya saat temu media di Sidoarjo.

Ia mengemukakan, beberapa daerah yang saatsaat ni sudah mengalami musim hujan di antaranya adalah wilayah Malang selatan dan juga wilayah pegunungan lainnya.

"Sedangkan yang paling akhir mengalami musim hujan adalah wilayah Situbondo, Bondowoso dan juga wilayah Lumajang," ujarnya.

Ia mengatakan, saat musim hujan datang ada beberapa hal yang perlu diwaspadai di antaranya adalah angin kencang, puting beliung dan juga wilayah pegunungan seperti tanah longsor atau juga banjir bandang.

"Untuk itu, kami meminta kepada masyarakat ter utama daerah pegunungan untuk mewaspadai pergantian musim ini, karena cenderung terjadi perubahan angin yang cukup kencang," katanya.

Ia menjelaskan, untuk wilayah perairan laut jawa sendiri saat ini masih relatif normal dengan ketinggian gelombang sekitar dua meter, sehingga masih aman untuk digunakan sebagai sarana transportasi.

"Kami juga melakukan pemantauan setiap saat jika memang terjadi perubahan ketinggian gelombang akan kami umumkan kepada pelaku pelayaran minimal sepekan sebelumnya," tuturnya.(*)
Pewarta :
Editor: Chandra Hamdani Noer
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar