Jaringan Komunikasi Lombok Utara Terganggu Pascagempa

id XL, jaringan komunikasi pascagempa, gempa Lombok, jaringan XL di Lombok

Jaringan Komunikasi Lombok Utara Terganggu Pascagempa

ilustrasi: Teknisi melakukan pengesetan jaringan 5G sebelum berlangsungnya ujicoba jaringan di Jakarta, Rabu (12/4). (ANTARA JATIM/Akbar Nugroho Gumay)

Hingga Senin siang ini, sebagian besar jaringan di Lombok Utara telah mulai pulih. Dengan demikian, kini akses komunikasi melalui XL Axiata berangsur kembali ke normal
Surabaya (Antaranews Jatim) - Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya mengatakan jaringan komunikasi di wilayah Lombok Utara yang menjadi titik pusat gempa 7 SR, Minggu (5/8) malam, terganggu, karena aliran listrik yang padam di wilayah setempat.

"Kami memastikan jaringan di sebagian besar wilayah Lombok dan Nusa Tenggara Barat (NTB) pada umumnya dalam kondisi tetap dapat digunakan, baik untuk layanan telepon, SMS, maupun data/internet, namun untuk Lombok Utara terganggu akibat listrik padam," kata Yessie di Surabaya, Senin.

Ia mengatakan, Tim XL Axiata di lapangan sudah melakukan upaya pemulihan sesaat setelah layanan terdeteksi terganggu, dan terus bekerja maksimal untuk memulihkan layanan di Lombok Utara.

"Hingga Senin siang ini, sebagian besar jaringan di Lombok Utara telah mulai pulih. Dengan demikian, kini akses komunikasi melalui XL Axiata berangsur kembali ke normal," katanya.

Ia mengatakan, keluarga besar XL Axiata dan sekaligus bagian dari masyarakat NTB, turut berduka sedalam-dalamnya atas jatuhnya korban jiwa sebagai dampak dari gempa di Lombok kemarin.

"Tim kami, termasuk di lapangan, saat ini sedang bekerja keras untuk memulihkan sebagian dari layanan kami yang tergangggu pasca gempa, terutama di Lombok Utara," katanya.

Ia mengaku, meski gempa terasa sangat kuat di sebagian besar Pulau Lombok, bahkan hingga Bali dan Sumbawa, namun layanan XL Axiata tetap bisa beroperasi, sehingga beberapa masyarakat bisa langsung mengirimkan kabar ke luar Lombok.

Bahkan kiriman dalam format data yang besar seperti foto dan video mengenai kerusakan dan kondisi pascagempa juga masih dikirimkan oleh para pelanggan XL Axiata dari daerah yang terlanda bencana," katanya.

Yessie mengaku, beberapa menara BTS sempat padam sesaat setelah gempa, karena terputusnya aliran listrik.

"Menara BTS tersebut segera bisa kembali beroperasi setelah mendapatkan pasokan listrik dari genset yang disiapkan. Antisipasi pengerahan genset secara ekstra memang sudah dilakukan sejak terjadinya gempa di wilayah yang sama pekan lalu," katanya.

Tim XL Axiata, kini juga menyiapkan opsi lainnya berupa "redirect coverage" atau mengerahkan mobile BTS ke lokasi yang paling membutuhkan.

Sementara itu, di wilayah Lombok Utara,XL Axiata memiliki lebih dari 120 BTS, 82 di antaranya adalah BTS 3G dan 4G LTE, sedangkan di seluruh Provinsi NTB, XL Axiata total memiliki lebih dari 2900 BTS, dengan  790 BTS di antaranya 4G LTE, yang melayani lebih dari 2 Juta pelanggan.(*)
Pewarta :
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar