Sekdaprov Jatim: Penyusunan APBD Harus Tepat Waktu

id pemprov jatim,sekdaprov jatim,akhmad sukardi,apbd jatim,surabaya

Sekdaprov Jatim: Penyusunan APBD Harus Tepat Waktu

Sekdaprov Jatim Akhmad Sukardi (kiri) saat Pembukaan Rapat Sosialisasi Permendagri Nomor 38 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2019 di Surabaya, Selasa (10/7). (Foto Istimewa/Humas Pemprov Jatim)

Penyusunan APBD tepat waktu juga bagian mewujudkan ‘clean government and good governance’

     Surabaya, 10/7 (Antara) - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Akhmad Sukardi mengingatkan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) harus tertib dan tepat waktu karena berpengaruh terhadap efektivitas pelaksanaan anggaran.



     “Penyusunan APBD tepat waktu juga bagian mewujudkan ‘clean government and good governance’,” ujarnya di sela Pembukaan Rapat Sosialisasi Permendagri Nomor 38 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2019 di Surabaya, Selasa.



     Menurut dia, diperlukan sinergi yang baik antara eksekutif dan legislatif dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah sehingga APBD dapat ditetapkan tepat waktu sesuai ketentuan undang-undang.



     “Apabila penetapan APBD terlambat maka akan banyak program dan kegiatan penting prioritas, tapi realisasinya tidak akan mencapai target ditetapkan, bahkan tidak dapat diselesaikan sesuai harapan,” ucapnya



     Sekdaprov juga menjelaskan, dalam rangka penyusunan APBD 2019, ada beberapa hal yang mendapatkan perhatian dan dicermati, antara lain proyeksi pendapatan daerah pada Rancangan APBD 201, baik berasal dari PAD dan dana transfer dari Pemerintah Pusat, program atau kegiatan prioritas Pemprov Jatim 2019.



     Selain itu, kata dia, pengaplikasian “e-planning” dan “e-budgetting” harus sudah dilaksanakan pada tahun 2019.



     Sementara itu, pada kesempatan sama, Sekdaprov Jatim mengharapkan agar pengelola keuangan daerah meningkatkan pemahaman terhadap substansi kebijakan di bidang penyusunan dan pelaksanaan anggaran.



     Kemudian, lanjut dia, juga menciptakan hubungan serta komunikasi yang baik di lingkungan kerja, serta melakukan koordinasi dan konsultasi teknis perencanaan dan penganggaran dengan TAPD.***3***

Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar