43.487 Pemudik Gunakan KA di Daop Jember Untuk Berlebaran

id kereta api

43.487 Pemudik Gunakan KA di Daop Jember Untuk Berlebaran

Suasana penumpang yang naik dan turun KA Probowangi di Stasiun Jember saat arus mudik Lebaran 2018 (Foto Humas KAI Daop 9 Jember)

Memasuki hari ke-9 masa angkutan Lebaran 2018 atau 'H-2' Lebaran tercatat sebanyak 43.487 penumpang KA telah diberangkatkan menuju ke kampung halaman masing-masing dengan menggunakan kereta api di wilayah Daop 9 Jember,
Jember (Antaranews Jatim) - Sebanyak 43.487 pemudik menggunkan moda transportasi kereta api untuk pulang ke kampung halamannya di wilayah Daerah Operasi 9 Jember mulai dari Banyuwangi hingga Pasuruan, Jawa Timur.

"Memasuki hari ke-9 masa angkutan Lebaran 2018 atau 'H-2' Lebaran tercatat sebanyak 43.487 penumpang KA telah diberangkatkan menuju ke kampung halaman masing-masing dengan menggunakan kereta api di wilayah Daop 9 Jember," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Luqman Arif di Kabupaten Jember, Rabu.

Menurutnya jumlah tersebut terdiri dari 4.168 penumpang kelas eksekutif, 3.998 kelas bisnis, 22.327 ekonomi dan 5.994 penumpang KA lokal, bahkan pemudik tersebut sudah memesan tiket kereta jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan.

"Peningkatan jumlah penumpang di sejumlah stasiun wilayah Daop 9 Jember sudah terjadi sejak Sabtu (9/6) karena sudah libur baik pegawai maupun anak-anak sekolah," tuturnya.

Ia menjelaskan tiket kereta api untuk keberangkatan sejumlah kereta jarak jauh seperti KA Logawa, KA Sritanjung, dan KA Ranggajati sudah habis hingga "H-1" Lebaran, bahkan tiket kereta jarak menengah seperti KA Probowangi dengan tujuan Surabaya juga sudah habis.

"Biasanya pemudik memesan tiket mendadak atau 'go show' untuk KA jarak menengah dengan tujuan Surabaya, namun untuk tiket kereta jarak jauh sudah terjual habis," ujarnya.

Di wilayah Daop 9 Jember setiap hari terdapat tujuh keberangkatan KA jarak jauh yakni KA Mutiara Timur siang dengan relasi Banyuwangi - Surabaya, kemudian KA Mutiara Timur malam dengan relasi Banyuwangi - Surabaya, KA Sri tanjung dengan relasi Banyuwangi - Lempuyangan Yogyakarta, KA Probowangi dengan relasi Banyuwangi - Surabaya.

Kemudian KA Tawang alun dengan relasi Banyuwangi - Malang, KA Logawa dengan relasi Jember - Purwokerto, dan  KA Rangga jati dengan relasi Jember - Cirebon, serta KA lokal sebanyak empat kali perjalanan yaitu KA lokal Pandan wangi relasi Jember - Banyuwangi. *
Pewarta :
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar