Bima Suci Siap Muhibah ke Luar Negeri

id kri bima suci, muhibah pertama, 2018

Bima Suci Siap Muhibah ke Luar Negeri

Warga mengantre memasuki KRI Bima Suci saat Naval Open Base 2017 yang digelar Koarmatim sebagai puncak acara peringatan Hari Armada RI di Surabaya, Minggu. (Antara Jatim/ Hanif Nashrullah)

KRI Bima Suci memiliki misi diplomasi untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia di mata dunia, serta meningkatkan hubungan baik di negara-negara yang akan disinggahi
Surabaya (Antaranews Jatim) - Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Bima Suci siap melaksanakan muhibah yang pertama ke berbagai negara di luar negeri, yang diagendakan berlangsung selama tiga bulan, mulai akhir Juli hingga Oktober mendatang.

Panglima Komando Armada Republik Indonesia Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Didik Setiyono menerima paparan terkait kesiapan pelaksanaan muhibah KRI Bima Suci di Ruang Rapat Pangarmatim, Ujung, Surabaya, Senin.

Komandan KRI Bima Suci Letnan Kolonel Laut (P) Widiyatmoko Baruno Aji mengatakan dalam muhibah pertamanya ini akan membawa 188 personel, yang terdiri dari 69 orang Prajurit KRI Bima Suci, 17 orang pendukung, serta 102 orang Taruna Akademi Angkatan Laut.

Dia memaparkan, mengawali pelayarannya menuju Korea Selatan, KRI Bim Suci terlebih dahulu akan bergerak dari Surabaya menuju ke Batam.

"Setelah bergerak dari Batam, KRI Bima Suci berlayar menuju Zhanjiang, Cina, kemudian ke Yeosu, Korea Selatan, dan terakhir sandar di Vladivostok, Rusia," katanya.

Pulangnya, dia menandaskan, KRI Bima Suci akan singgah di Yokohama, Jepang, Qingdao, China, Jeju, Korea Selatan, Manila, Filipina, hingga masuk perairan Indonesia melalui Pantai Barat Bitung sebelum kembali ke Surabaya dengan menempuh jarak keseluruhan 10,407 mil laut.

"Muhibah KRI Bima Suci ke luar negeri ini sekaligus dalam rangka mendukung kegiatan Latihan Praktek Pelayaran Astronomi Kartika Jala Krida Taruna Akademi TNI Angkatan Laut Tingkat III Angkatan 65 Tahun Ajaran 2018 selama 98 hari," ujarnya.

Selain itu, Widiyatmoko menambahkan, KRI Bima Suci memiliki misi diplomasi untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia di mata dunia, serta meningkatkan hubungan baik di negara-negara yang akan disinggahi. (*)
Pewarta :
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar