Liga Yunani: Skors Pertandingan "Kuburan" Bagi Klub

id liga yunani, skors merupakan kuburan bagi klub, sepak bola,klub sepak bola

Liga Yunani: Skors Pertandingan

Ilustrasi - (dok.antarafoto.com)

Athena (Antara/Reuters) - Divisi teratas Yunani pada Selasa menentang skors semua agenda pertandingan Liga Yunani karena masalah kerusuhan penonton, mengatakan hal itu sangat mengancam eksistensi klub, sedangkan pemilik PAOK Salonika Ivan Savvidis meminta maaf atas perannya pada kerusuhan Minggu.   

Yunani menskors semua pertandingan setelah Savvidis tertangkap kamera mengenakan sarung pistol ketika ia memasuki lapangan untuk memprotes gol PAOK yang tidak disahkan saat melawan AEK Athens pada Minggu.

Pertandingan itu dihentikan dan belakangan dinyatakan dimenangi AOK dengan skor 1-0 menyusul gol kontroversial yang memicu protes-protes awal.

Savvidis meminta maaf untuk tindakan-tindakannya melalui pernyataan klub pada Selasa, namun Asosiasi Klub Eropa (ECA) menskors klub Yunani itu sebagai anggota mereka dengan dampak yang berlaku secepatnya.

"Skors (pertandingan-pertandingan) tidak membawa apapun," kata presiden Liga Yunani Giorgio Stratos kepada para pewarta setelah pertemuan dengan Wakil Menteri Kebudayaan dan Olahraga Georgio Vassiliadis.

"Itu menciptakan kuburan yang berbahaya dan kami kemungkinan menjauh dari bidikan-bidikan dan tujuan-tujuan kami."

Stratos mengatakan dirinya meminta "dimulainya kembali sesegera mungkin" pertandingan-pertandingan, namun belum ada tanggal yang diputuskan.

Savvidis (58), masih dicari oleh polisi untuk dimintai keterangan seputar masuknya dia tanpa izin ke lapangan sepak bola, mengatakan ia tidak berniat untuk melukai siapapun.

"Saya ingin meminta maaf kepada para penggemar PAOK, kepada para penggemar Yunani, dan komunitas sepak bola global," ucapnya dalam pernyataan klub.

"Saya menyesal dan saya tidak memiliki hak untuk memasuki lapangan dengan cara seperti itu. Saya tidak berniat berseteru dengan siapapun dan saya jelas tidak mengancam siapapun."

Savvidis lahir di Georgia dengan memiliki kebudayaan Yunani. Ia memiliki aset yang terentang dari pelabuhan Thessaloniki sampai perusahaan-perusahaan tembakau dan media, banyak di antara mereka berada di Yunani utara.

ECA, yang mewakili klub-klub sepak bola Eropa, menskors Yunani tanpa batas waktu.

"ECA ada untuk melindungi integritas dan keteraturan kompetisi-kompetisi dan pertandingan-pertandingan serta nilai-nilai dan prinsip-prinsip olahraga di mana sepak bola Eropa berada," kata mereka dalam pernyataannya, sambil mengutuk tindakan Savvidis.

"Skors itu tetap valid sampai pemberitahuan lebih lanjut dan akan dilaporkan pada Pertemuan Umum ECA di Roma pada 27 Maret 2018."

Sepak bola Yunani dinodai oleh invasi-invasi lapangan dan kekerasaan di dalam dan di luar lapangan selama bertahun-tahun, dan pihak berwenang berjanji untuk membersihkan permainan.

Bagaimanapun, tingkat kehadiran penonton telah merosot dan musim ini hanya empat klub di 16 tim divisi teratas yang mencatatkan rata-rata kehadiran sebanyak lebih dari 5.000 penonton per pertandingan liga. (*)
Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar