Emil Nilai Komuter Lebih Efektif Urai Kemacetan

id transportasi umum komuter, emil elestianto dardak naik komuter, pilkada jatim 2018, khofifah-emil

Emil Nilai Komuter Lebih Efektif Urai Kemacetan

Emil Elestianto Dardak (tengah) di atas kereta komuter jurusan Gubeng, Surabaya - Porong, Sidoarjo. (IST/ Antara Jatim)

Penggunaan kendaraan pribadi di jarak dekat seperti Surabaya - Sidoarjo harus terus dikurangi agar terbangun megapolitan yang mengusung mobilitas menggunakan transportasi umum
Surabaya (Antaranews Jatim) - Calon wakil gubernur di Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur (Pilkada Jatim) Emil Elestianto Dardak menilai kereta komuter lebih efektif mengurai kemacetan di perkotaan.

Pasangan Khofifah Indar Parawansa di Pilkada Jatim 2018 ini telah mencoba kereta komuter jurusan Stasiun Gubeng Surabaya - Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, dan berbincang dengan para penumpang untuk menggali permasalahan yang perlu dibenahi.

"Persoalannya memang lebih banyak masyarakat yang sampai sekarang lebih memilih naik kereta api umum daripada komuter," katanya kepada wartawan di Surabaya, Selasa.

Khususnya untuk jarak pendek seperti Sidoarjo - Surabaya, doktor di bidang ekonomi pembangunan lulusan Universtias Ritsumeikan Jepang itu mengimbau agar masyarakat lebih memilih naik transportasi umum kereta komuter.

Suami artis Arumi Bachsin itu juga mendorong ada transportasi kereta komuter yang menghubungkan antarkota yang jaraknya berdekatan lainnya di luar Surabaya - Sidoarjo.

Dari perjalanannya di atas kereta komuter Surabaya - Porong, Emil menilai ada beberapa kendala yang harus dibenahi. Salah satunya adalah mengenai kapasitas lambung kereta komuter, yang sebelumnya dari empat gerbong menjadi tiga gerbong.

"Keretanya juga masih menggunakan kereta yang sangat lama, yang mungkin juga mempengaruhi minat masyarakat di Surabaya dan Sidoarjo sulit beralih dari kendaraan pibadi untuk naik transportasi umum komuter," katanya.

Emil menyayangkan masyarakat di Sidoarjo yang sangat dekat dengan Surabaya sampai sekarang masih lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi.

"Penggunaan kendaraan pribadi di jarak dekat seperti Surabaya - Sidoarjo harus terus dikurangi agar terbangun megapolitan yang mengusung mobilitas menggunakan transportasi umum," ucapnya.

Emil berpasangan dengan Khofifah Indar Parawansa, diusung koalisi partai Demokrat, Golkar, PAN, PPP, Hanura dan Nasdem, akan berkontestasi di Pilkada Jatim 2018 pada 27 Juni mendatang melawan pasangan Saifullah Yusuf - Puto Guntur Soekarno, yang diusung koalisi PDIP, PKB, PKS dan Gerindra. (*)
Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar