Besok, Wabup Jember Dipanggil Bawaslu karena Hadiri Kampanye Puti Guntur (Video)

id bawaslu jember,kampanye puti guntur soekarno,wabup jember,a.muqit arief,pelanggaran kampanye

Besok, Wabup Jember Dipanggil Bawaslu karena Hadiri Kampanye Puti Guntur (Video)

Wabup Jember A. Muqit Arief (tengah) saat mendampingi Puti Guntur Soekarno berziarah di makam KH Ahmad Sidiq di Jember, Senin (12/3). (istimewa)

Apakah itu pelanggaran atau tidak, kami harus melakukan klarifikasi terlebih dahulu dengan memanggil Wabup Jember A. Muqit Arief ke Kantor Bawaslu dan selanjutnya melakukan koordinasi dengan Sentra Gakkumdu terkait persoalan itu
Jember (Antaranews Jatim) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jember akan memanggil Wakil Bupati Jember A. Muqit Arief yang menghadiri rangkaian kampanye calon Wakil Guberur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno saat ziarah ke makam KH Ahmad Sidiq di Kabupaten Jember, Senin (12/3).

"Kami berencana memanggil Wabup Jember untuk melakukan klarifikasi terkait dengan temuan Bawaslu di lapangan dan dijadwalkan pemanggilan klarifikasi itu akan dilaksanakan pada Rabu (14/3)," kata Ketua Bawaslu Jember Abdullah Waid di Jember, Selasa.

Wakil Bupati Jember A. Muqit Arief yang masih mengenakan seragam dinas menemani calon Wakil Gubernur Jatim nomor urut 2 di makam KH Ahmad Sidiq dan hal tersebut dipantau langsung oleh anggota Bawaslu.

"Saat kegiatan kampanye Cawagub Jatim di Jember, anggota kami ikut mengawal kampanye Puti Guntur Soekarno dan melihat Wakil Bupati Jember ikut hadir saat rombongan Puti melakukan ziarah ke makam Mbah Shiddiq dan banyak masyarakat melihatnya," tuturnya.

Menurutnya, Bawaslu Jember sudah memberikan surat edaran kepada para pejabat negara yang akan terlibat kampanye politik karena memang diperbolehkan ikut atau terlibat dalam kampanye, namun harus mengajukan izin cuti terlebih dahulu kepada pemerintah di atasnya.

Pejabat negara yang hendak berkampanye pada pemilihan kepala daerah diharuskan untuk mengambil cuti di luar tanggungan untuk melakukan kegiatan kampanye dalam bentuk apapun dan cuti hanya berlaku untuk hari yang diajukan pejabat tersebut saat mengikuti kegiatan kampanye pasangan calon.

"Apakah itu pelanggaran atau tidak, kami harus melakukan klarifikasi terlebih dahulu dengan memanggil Wabup Jember A. Muqit Arief ke Kantor Bawaslu dan selanjutnya melakukan koordinasi dengan Sentra Gakkumdu terkait persoalan itu," katanya.

Dalam kampanye, pasangan calon dilarang melibatkan pejabat badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah, aparatur sipil negara, anggota Polri, anggota TNI, kepala desa/lurah dan peragkat desa/lurah sesuai dengan UU Pilkada.

Sementara itu, Bupati Jember Faida juga terlihat menemani Puti Guntur Soekarno untuk minum kopi dan bertemu ratusan komunitas Gerakan Muda Watu Urip di alun-alun Jember pada Senin (12/3) malam.

"Seluruh rangkaian kegiatan kampanye Cawagub Jatim Puti Guntur dikawal oleh anggota Bawaslu di tingkat kecamatan dan tidak ada temuan Bupati Jember Faida hadir dalam kegiatan kampanye Puti," ujarnya.(*)
Video Oleh Zumrotun Solichah
 
Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar