Pemprov Jatim: Pariwisata Tingkatkan Pendapatan Daerah

id pemprov jatim,pariwisata,pertumbuhan ekonomi,surabaya

Pemprov Jatim: Pariwisata Tingkatkan Pendapatan Daerah

Pengunjung menikmati pemandangan air terjun Urang Kambu di Trenggalek, Jawa Timur, Minggu (11/2). (Antara Jatim/Destyan Sujarwoko/zk/18)

Setiap daerah memiliki potensi luar biasa dan harus terus digalakkan
Surabaya (Antaranews Jatim) - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menekankan pentingnya sektor pariwisata untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi sehingga memberi dampak pada kemajuan maupun pendapatan daerah setempat.

"Setiap daerah memiliki potensi luar biasa dan harus terus digalakkan," ujar Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Akhmad Sukardi kepada wartawan di Surabaya, Senin.

Menurut dia, keberadaan pariwisata berdampak langsung bagi perekonomian masyarakat daerah dan diharapkan masyarakatlah yang menikmati hasil dari pariwisata serta memberikan potensi ekonomi luar biasa bagi daerah.

"Seperti di Bali yang menjadi contoh keindahan wisata dunia. Banyak dari masyarakat Bali turut mendapatkan hasil ekonomi dari sektor pariwisata yang ada. Potensi seperti itulah yang akan didorong di Jatim," ucapnya.

Pemerintah Provinsi, kata dia, berkomitmen membantu daerah untuk meningkatkan pariwisata daerah, salah satunya memberikan fasilitas untuk kabupaten/kota memperkenalkan potensinya.

"Terutama, dalam menampilkan seni, budaya dan potensi wisata agar bisa dikenal oleh masyarakat luas. Ini merupakan upaya kami mendorong peningkatan pembangunan daerah sehingga bisa memberi kontribusi bagi masyarakat Jatim," katanya.

Sekdaprov juga meminta kepada seluruh pemerintah daerah dan masyarakat untuk mengembangkan seni dan budaya, caranya dengan mengajak, mengundang dan memberi panggung agar seni budaya, bahkan pariwisata semakin berkembang.

"Kalau punya hajatan seperti pernikahan atau acara di rumah hendaknya mengundang ludruk, gamelan, tari -tarian atau pertunjukan seni khas daerah. Cara tersebut, secara tidak langsung ikut memberi penghidupan atau kesejahteraan kepada seniman," tuturnya. (*)
Pewarta :
Editor: Chandra Hamdani Noer
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar