Penetapan Pilkada Nganjuk Tunggu Hasil Gugatan MK

id kpu, nganjuk, jatim, antarajatim.net, tunggu, penetapan, hasil, pilkada, nganjul, pascagugatan, mk,

Nganjuk - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, masih menunggu hasil gugatan dari Mahkamah Konstitusi untuk penetapan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Nganjuk dalam pilkada 2012.

"Kami masih menunggu sampai MK mengeluarkan keputusan. Untuk saat ini, belum bisa dilakukan penetapan," kata Ketua KPU Kabupaten Nganjuk Juwahir, Jumat.

Ia mengaku sampai saat ini belum mendapatkan tembusan resmi dari MK tentang gugatan yang diajukan oleh pasangan yang kalah dalam rekapitulasi suara di KPU untuk pilkada. Sejauh ini, pihaknya masih mendapatkan informasi secara lisan tentang gugatan tersebut.

Pihaknya juga belum mengetahui dengan pasti jadwal vonis dari MK tersebut. Namun, dimungkinkan sidang akan dimulai pada awal Januari 2013 mendatang karena sampai akhir tahun 2012 ini waktunya kurang kondusif.

Kuasa hukum pasangan nomor urut satu, Siti Nurhayati-Sumardi (Sima), Adi Wibowo, mengatakan berkas untuk gugatan tentang hasil Pilkada Nganjuk sudah diserahkan ke MK.

"Kami mengajukan kemarin untuk gugatan. Kami saat ini menunggu proses yang kemungkinan berlangsung Januari 2013," katanya.

Pihaknya mengatakan ada 15 berkas yang diajukan ke MK. Salah satu isi dari berkas itu adalah dugaan pelanggaran berupa politik uang yang diduga dilakukan oleh pasangan yang menang.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengawas Kabupaten Nganjuk Soekidi mengatakan Panwas telah memproses seluruh laporan dugaan pelanggaran dalam Pilkada Nganjuk. Terdapat 15 laporan yang masuk, namun untuk kepastian apakah itu pelanggaran atau bukan masih harus ditelusuri.

"Panwas tidak bisa langsung menetapkan pelanggaran atau bukan. Kami terus memproses laporan yang masuk, dan jika pelanggaran akan diteruskan ke pihak berwajib," katanya.

KPU Kabupaten Nganjuk menggelar pilkada pada 12 Desember 2012. Sebanyak enam pasangan bertarung dalam pilkada tersebut. Mereka adalah pasangan Siti Nurhayati-Sumardi, dan Taufiqurrahman-Abdul Wahid Badrus.

Selanjutnya, pasangan Njono Djojo Astro-Syaiful Anam, Suci Purnomo-KH Djaelani Ishaq, KPH Pied Yudhianto-Basuki, dan Yusmanto-Gatot Nursalim.

Dalam hasil rekapitulasi secara manual, pasangan nomor urut dua, "Taqwa" unggul dalam memperoleh suara yaitu dengan 171.438 atau sekitar 31,7 persen dari suara sah. Pasangan yang juga pejabat kini itu mengalahkan lawannya, di antaranya Siti Nurhayati-Sumardi dengan perolehan suara 128.206 atau 23,7 persen, pasangan Njono Djojo Astro-Syaiful Anam dengan 121.794 suara atau 22,5 persen.

Sebanyak 891.228 pemilih terdata dalam pilkada tahun 2012 ini, dengan jumlah TPS mencapai 1.987 yang tersebar di 20 kecamatan di Kabupaten Nganjuk. Namun, dari jumlah itu, tingkat kehadiran minim. Ada hampir 40 persen warga tidak menggunakan hak pilihnya atau golput. (*)
Pewarta :
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar