Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu, Jawa Timur nomor urut 1 Nurochman-Heli Suyanto berjanji menyediakan shuttle elektrik ramah lingkungan guna mengatasi kemacetan lalu lintas, baik saat liburan akhir pekan maupun hari besar.

Calon Wali Kota Batu Nurochman dalam sesi debat perdana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Senin, mengatakan fasilitas angkutan umum itu mengakomodasi wisatawan menuju destinasi pariwisata.

"Kami memahami kunjungan wisatawan dari luar biasa ke Kota Batu dan opsi yang ditawarkan untuk di dalam kota tentu moda transportasi yang menjadi pilihan, seperti mobil listrik," kata Nurochman.

Angkutan umum itu dilengkapi fasilitas agar menghadirkan kenyamanan bagi para penggunanya, salah satunya adalah perangkat yang mampu menunjukkan estimasi waktu tiba di lokasi penjemputan.

"Nanti akan ada tempat transit bus pariwisata menuju area wisata, setelah itu wisatawan menggunakan shuttle dan kami memaksimalkannya," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batu Heli Suyanto menyebut terminal di wilayah setempat dimaksimalkan sebagai tempat antar jemput penumpang.

Kemudian untuk pengemudinya memanfaatkan sopir angkutan umum yang sudah ada di Kota Batu.

Karena dengan begitu, tidak hanya permasalahan lingkungan dan kemacetan saja yang tertangani tetapi juga persoalan kesejahteraan sopir angkot.

"Karena banyak teman-teman pengemudi angkot di Batu ini mengeluh, kami juga akan bekerja sama dengan pelaku wisata," ucapnya.

Debat Pilkada Kota Batu 2024 pertama yang diselenggarakan oleh komisi pemilihan umum (KPU) setempat membawakan tema lingkungan, agraria, dan pariwisata.

Pilkada Kota Batu 2024 diikuti tiga pasangan calon, yakni Nurochman-Heli Suyanto nomor urut 1, Firhando Gumelar-Rudi nomor urut 2, dan Kris Dayanti-Kresna Dewanata Phrosakh nomor urut 3.

Masa kampanye pilkada berjalan mulai 25 September hingga 23 November 2024.

Tahapan pemungutan suara Pilkada 2024 berlangsung pada 27 November sedangkan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara dimulai pada 27 November hingga 16 Desember 2024.(*)

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024