Ketua panitia pelaksana WONDR by BNI Indonesia International Challenge 2024 Armand Darmadji menyatakan sebanyak 19 negara termasuk Indonesia turut meramaikan ajang bulu tangkis internasional yang digelar di Gedung Jatim Expo, Surabaya, Jawa Timur pada 22-27 Oktober.

"Kalau persiapan sudah 90 persen, hari ini kami finalisasi. Memang sedikit terlambat karena ada finishing dari pihak gedung, hari ini akan tuntas semua. Tapi, untuk peserta sendiri, semua sudah tiba dari 19 negara," ucap Armand saat konferensi pers di Surabaya, Senin.

Adapun negara yang turut berpartisipasi, kata dia, ialah Australia, Brunei Darussalam, Siprus, Mesir, Prancis,Hong Kong, India, Jepang, Malaysia, Meksiko, Myanmar, Filipina, Sri Lanka, Swiss,Thailand, Chinese Taipei, Amerika Serikat, Zambia dan tuan rumah Indonesia.

Armand menjelaskan, digelarnya ajang tersebut di Jatim sekaligus ingin mengulang kesuksesan pada tahun sebelumnya di tempat yang sama.

"Ini menjadi tahun ketiga kolaborasi dan kerja sama kami dengan Pengprov PBSI Jawa Timur untuk menyelenggarakan Indonesia International Challenge dan Indonesia Masters Super 100," katanya.

Pihaknya juga berterima kasih kepada Pengurus Provinsi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia Jawa Timur (Pengprov PBSI Jatim) yang selalu memberikan dukungan.

Pihaknya berharap WONDR by BNI Indonesia International Challenge 2024 mampu menjadi inspirasi dan semangat bagi masyarakat Jawa Timur terhadap olah raga bulu tangkis.

"Dan semoga turnamen ini menjadi inspirasi untuk terus memunculkan atlet-atlet berbakat dari Jawa Timur yang kelak membela Indonesia di ajang internasional," tuturnya.

Indonesia sendiri, kata dia, menurunkan 82 pemain dengan beberapa andalan yang ditargetkan menjadi juara.

"Perombakan pasangan di ganda putri menjadi perhatian menarik yaitu Lanny Tria Mayasari yang berpasangan dengan Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Rachel Allessya Rose yang dipasangkan dengan Kelly Larissa," ucap Armand.

Selain itu, kata Armand, perhatian bisa ditunjukkan kepada kiprah dari calon-calon penerus bulu tangkis Indonesia yang kemarin baru saja memboyong Piala Suhandinata ke tanah air.

"Pasukan Garuda Muda di Kejuaraan Dunia Junior juga akan tampil di sini. Seperti Zaki Ubaidillah, Bismo Raya Oktora, Mutiara Ayu Puspitasari hingga Isyana Syahira Meida/Rinjani Kwinara Nastine," katanya.

Bagi Masyarakat Jawa Timur khususnya Surabaya yang ingin menyaksikan secara langsung ajang WONDR by BNI Indonesia International Challenge 2024 dapat membeli tiket secara langsung di arena dengan harga Rp20.000 untuk babak penyisihan dan Rp40.000 untuk babak semifinal dan final pada 26-27 Oktober 2024.

Sementara itu, Ketua Umum PBSI Jatim Tony Wahyudi mengaku sangat senang wilayahnya ditunjuk kembali menjadi tuan rumah kejuaraan bulu tangkis tingkat internasional.

"Kami sangat senang bisa kembali menjadi tuan rumah dalam skala pertandingan Internasional pada tahun ini, kami berharap Indonesia bisa meraih juara dalam gelaran ini," ucapnya.

Pihaknya berharap, ke depan Jawa Timur mempunyai gedung olah raga yang bisa disiapkan untuk ajang internasional terutama di sektor bulu tangkis.

"Harapannya semoga pemerintah setempat bisa menyiapkan gedung olah raga yang mumpuni untuk turnamen bulu tangkis skala internasional agar bisa menarik perhatian masyarakat yang berminat di bulu tangkis," ujarnya.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024