Dua pembalap Ferrari Charles Leclerc dan Carlos Sainz memimpin sesi balapan utama Grand Prix Amerika Serikat yang digelar di Circuit of the Americas, Austin, Texas, Senin WIB.

Memulai balapan dari posisi keempat di grid, Leclerc tampil solid sehingga mampu mengatasi tekanan dari tiga pembalap di depannya, yakni polesitter Lando Norris (McLaren), Verstappen (Red Bull) dan Sainz.

Leclerc mampu mengambil alih posisi terdepan segera setelah lampu hijau menyala dan ia memasuki Tikungan 1, memanfaatkan kondisi di mana Norris dan Verstappen melebar saat melakukan start.

“Kami melakukan gerakan maju yang sangat bagus di Tikungan 1, dan saya sudah memprediksi bahwa itu (balapan) akan sangat ketat di tikungan tersebut,” kata Leclerc, dikutip dari laman resmi Formula 1.

Baca juga: Formula 1: Norris pede bisa perkecil margin dengan Verstappen di seri Amerika

Perjalanan Leclerc untuk mengklaim kemenangan di balapan utama di Austin ini cukup mulus. Ini menandai kemenangan ketiganya musim ini, sekaligus kemenangan kedelapan sepanjang kariernya di F1 sejauh ini.

“Ya, saya sangat senang dengan hari ini. Terlebih, kami finis satu-dua untuk tim, kami tidak bisa membayangkan hal lain yang lebih baik dari itu,” kata pembalap Monaco itu.

Leclerc menilai, kecepatan mobil SF-24 di hari terakhir Grand Prix Amerika Serikat sangat baik, ditambah dengan kinerja tim yang solid di pit stop juga semakin menunjang performanya di trek.

“Mereka telah bekerja keras dalam beberapa bulan terakhir untuk menghadirkan peningkatan yang telah kami miliki di Singapura dan dalam beberapa balapan terakhir, dan tampaknya itu membuahkan hasil,” kata Leclerc.

“Seluruh tim bekerja dengan sangat baik. Pit stop sangat bagus, semuanya berjalan dengan baik, jadi saya sangat, sangat senang,” ujarnya menambahkan.

Leclerc kemudian mengatakan kemenangan 1-2 Ferrari pertama di Amerika Serikat selama 18 tahun ini memberikannya dorongan kepercayaan diri untuk mengakhiri musim dengan lebih baik.

“Saya sangat senang. Sekarang kami masih menargetkan gelar. Jalan masih panjang, tapi ini adalah awal yang baik untuk beberapa balapan mendatang,” ujar dia.

Hasil ini tentu saja memberikan Ferrari dorongan signifikan dalam klasemen konstruktor, dengan total perolehan 496 poin, yang berarti mereka hanya tertinggal delapan poin dari Red Bull yang berada di posisi kedua, sementara McLaren tetap memimpin dengan 544 poin.

Di klasemen pembalap, Leclerc tetap berada di posisi ketiga tetapi kini hanya terpaut 22 poin dari Norris di posisi kedua. Sementara itu, Verstappen telah memperlebar keunggulannya atas Norris menjadi 57 poin.

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024