Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun berkomitmen penuh untuk mendukung program pembangunan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur guna mewujudkan kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Dalam upacara peringatan HUT ke-79 Jawa Timur, Penjabat (Pj) Wali Kota Madiun Eddy Supriyanto membacakan sambutan Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono yang menyampaikan beragam pencapaian di Pemprov Jatim yang menjadi salah satu provinsi di Tanah Air yang terus meningkat.

"Dari tahun ke tahun, Jatim menunjukkan kemajuan secara nyata. Keberhasilan tersebut berkat kerja keras dan sinergitas seluruh masyarakat Jawa Timur, termasuk Kota Madiun," ujar Pj Wali Kota Madiun Eddy saat memimpin upacara di halaman Balai Kota Madiun, Selasa.

Sesuai sambutan Pj. Gubernur Jatim Adhy Karyono, terbukti capaian indeks pembangunan manusia (IPM) di Jawa Timur sejak tahun 2020 konsisten di atas rata-rata nasional, dan pada tahun 2023 IPM Jatim mencapai angka 74,65 poin dengan kategori tinggi.

Baca juga: Pemkot Madiun antisipasi bencana hidrometeorologi

Ia menambahkan hal tersebut sejalan dengan pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur, dimana pada triwulan II 2024 tumbuh positif sebesar 4,98 persen secara Year on Year (YoY).

Capaian ini bahkan mencatatkan Jawa Timur sebagai provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi se-Pulau Jawa.

Di samping itu, jumlah desa mandiri di Jawa Timur mengalami kenaikan sebesar 43,54 persen menjadi 4.019 desa pada tahun 2024. Capaian tersebut menjadi yang terbanyak di Indonesia.

Berbagai torehan prestasi yang diraih tersebut menjadi motivasi untuk memperjuangkan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur. Sekaligus berperan menyukseskan dan mewujudkan RPJPD Provinsi Jawa Timur 2025-2045 yaitu "Jawa Timur Berakhlak, Maju, Mendunia, dan Berkelanjutan".

Tak hanya itu, Pj Wali Kota Madiun juga mengajak masyarakat di Jawa Timur untuk memanfaatkan posisi strategis tersebut guna bersatu bersama memajukan Jawa Timur.

Masyarakat juga diimbau untuk senantiasa menjaga kondisi ketertiban umum. Utamanya pada masa Pilkada Serentak 2024 pada November mendatang. Kondisi masyarakat yang aman dan kondusif menjadi landasan utama investasi dan pertumbuhan ekonomi.

Dalam kesempatan yang sama juga diserahkan piagam penghargaan kepada sekolah penerima adiwiyata hingga penghargaan kelurahan berseri dan proklim.

Kegiatan upacara peringatan HUT Jatim juga diikuti Sekda Kota Madiun, pimpinan OPD dan BUMN/BUMD, Camat, pegawai Pemkot Madiun, hingga jajaran Forkopimda.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024