Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri, Jawa Timur, berkolaborasi dengan Kodim 0809 Kediri memberikan pelatihan tata boga kepada masyarakat di Desa Pagung, Kecamatan Semen, sebagai bekal keterampilan untuk berwirausaha guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Komandan Kompi Satuan Tugas (Danki Satgas) TMMD Ke-122 Kodim 0809/Kediri Lettu Inf Kartono mengemukakan kegiatan pelatihan tata boga ini bertujuan membekali warga masyarakat dengan kompetensi yang memadai di bidang keterampilan tata boga.

"Ini sebagai bekal untuk merintis usaha mandiri atau wirausaha. Pelatihan ini merupakan kegiatan nonfisik TMMD Ke-122. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan aman," katanya di Kediri, Selasa.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Fungsional Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dan Usaha Mikro Dinas UMKM dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri  Erwin Minlu mengatakan pihaknya turut mendukung dengan memberikan pelatihan untuk warga.

"Di materi ini kami buat olahan kue, tapi kami angkat madunya. Jadi ada bahan baku utama madu yaitu kue pae madu dan bolu madu," katanya.

Ia berharap dengan pelatihan yang diberikan itu menjadi ide tersendiri bagi warga dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di desa tersebut.

Ke depannya, kata dia, diharapkan warga bisa semakin kreatif dan produk yang dibuat juga mampu bersaing dengan produk lainnya. Mereka bisa lebih terampil dan bisa membuat usaha, sehingga tingkat kesejahteraan mereka juga bisa lebih meningkat.

"Harapan kami nantinya akan tumbuh wirausaha baru dari warga Desa Pagung ini, baik nanti di bidang kue ataupun nanti ada UKM yang kualitasnya juga akan bertambah," kata dia.

Pelatihan tata boga itu diikuti sekitar 50 orang yang diselenggarakan di Balai Desa Pagung. Kegiatan TMMD 2024 tersebut dilaksanakan mulai tanggal 2 hingga 31 Oktober 2024.

Dalam program ini terdapat dua program yaitu fisik dan nonfisik. Untuk fisik, seperti pembangunan jalan, perbaikan rumah tidak layak huni, pembangunan sumur untuk air minum, renovasi mushala.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024