Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca berawan dan hujan akan dialami oleh sebagian besar kota-kota di wilayah Indonesia, termasuk adanya potensi hujan disertai petir di beberapa daerah pada akhir pekan.

Prakirawan BMKG Andika Hapsari dalam prakiraan cuaca daring yang dikutip di Jakarta, Sabtu, mengatakan hujan berpotensi turun di wilayah Sumatera termasuk hujan ringan di Medan, Padang, Pekanbaru, Jambi, dan Palembang serta hujan petir di Pangkal Pinang, Bengkulu, Bandar Lampung, dan Tanjung Pinang, serta Banda Aceh mengalami cuaca udara kabur.

Baca juga: BMKG prakirakan mayoritas kota besar alami hujan sedang pada Jumat

Sementara itu, untuk wilayah Pulau Jawa hujan intensitas ringan dapat dialami mereka yang ada di wilayah Serang dan Bandung. Dia menjelaskan BMKG memprakirakan daerah Jakarta, Semarang, dan Surabaya akan mengalami kondisi berawan tebal, sedangkan Yogyakarta cerah berawan.

Di wilayah Bali dan Nusa Tenggara, BMKG memperingatkan potensi hujan ringan di wilayah Denpasar, sementara Mataram dan Kupang dapat mengalami kondisi cuaca berawan.
 

BMKG juga memprakirakan hujan terjadi di wilayah Tanjung Selor dan Pontianak yang dapat disertai petir, sementara Palangka Raya mengalami hujan intensitas ringan. Untuk daerah Samarinda dan Banjarmasin berpotensi mengalami kondisi berawan.

Di Pulau Sulawesi, hujan ringan diprakirakan BMKG terjadi di Mamuju, sementara Palu dan Manado mengalami hujan ringan. Kondisi berawan akan dialami oleh Gorontalo, Kendari, dan Makassar.
 

Untuk wilayah timur Indonesia, BMKG menyampaikan potensi hujan ringan di wilayah Ambon, Ternate, dan Jayapura. Sementara, hujan intensitas sedang dapat terjadi di Sorong, Nabire, dan Jayawijaya, serta cuaca berawan di Merauke dan Manokwari.

Pewarta: Prisca Triferna Violleta

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024