PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 7 Madiun menggelar kegiatan sosial berupa pengobatan gratis di Stasiun Madiun yang merupakan bagian dari peringatan ke-79 Hari Ulang Tahun (HUT) KAI yang jatuh pada 28 September 2024.

Kepala PT KAI Daop 7 Madiun Suharjono di Madiun, Jawa Timur, Sabtu mengatakan rangkaian peringatan HUT KAI tahun ini juga diwarnai dengan berbagai kegiatan sosial yang berfokus pada kesehatan masyarakat. Selain pengobatan gratis, KAI juga menggelar donor darah tak hanya di Stasiun Madiun, namun juga di Kediri, Blitar, dan Kertosono.

"Kami ingin agar HUT KAI tahun ini tidak hanya menjadi perayaan bagi perusahaan, tetapi juga membawa manfaat nyata bagi masyarakat luas. Melalui kegiatan donor darah dan pengobatan gratis, kami berharap dapat membantu meningkatkan kesehatan masyarakat di sekitar stasiun," ujar Suharjono.

Menurutnya, kegiatan pengobatan gratis dan donor darah tersebut bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan, khususnya bagi mereka yang tinggal di sekitar wilayah operasional KAI.

"Sehingga, KAI memberikan andil dalam peningkatan kesehatan masyarakat utamanya di sekitar stasiun wilayah kerja Daop Madiun," katanya.

Selain program sosial, KAI juga fokus pada peningkatan fasilitas dan layanan di beberapa stasiun. Di mana KAI terus melakukan perbaikan dan penambahan fasilitas demi memberikan kenyamanan yang lebih baik bagi para pelanggan.

Peningkatan fasilitas itu mencakup ruang tunggu yang lebih nyaman, fasilitas yang lebih baik, serta peningkatan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas. Dengan langkah tersebut, KAI berharap dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pengguna jasa.

"Peningkatan pelayanan adalah bagian dari upaya kami untuk terus mengutamakan kenyamanan dan keselamatan penumpang. Kami ingin memastikan setiap pengguna jasa merasa puas dengan pelayanan yang kami berikan," kata Suharjono.

Tidak hanya kegiatan sosial dan peningkatan pelayanan, rangkaian acara HUT KAI juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan hiburan. Di Stasiun Madiun, diselenggarakan acara peragaan busana anak-anak yang diikuti oleh para peserta dari siswa SD.

Selain itu, juga digelar lomba menggambar dan mewarnai dengan tujuan untuk menumbuhkan bakat seni anak-anak sekaligus menghibur para peserta yang hadir di stasiun.

KAI DAop Madiun juga membagikan sebanyak 79 kue ulang tahun kepada "stakeholder" di berbagai wilayah Daop 7 Madiun sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas dukungan yang telah diberikan oleh berbagai pihak dalam mendukung kelancaran operasional KAI, khususnya di wilayah Daop 7 Madiun.

Melalui berbagai kegiatan tersebut, KAI berharap dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan bermanfaat bagi masyarakat. Peringatan HUT ke-79 KAI ini juga menjadi momentum bagi KAI untuk terus memperkuat hubungan baik dengan stakeholder, baik dari kalangan pemerintah, mitra kerja, maupun masyarakat luas yang menjadi bagian penting dari ekosistem perkeretaapian nasional.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024