Perusahaan penyedia jasa keuangan Amartha membantu pembangunan sumur dan penyediaan air bersih dalam rangka mengatasi kekeringan yang terjadi di salah satu wilayah di Jawa Timur.

Head of Marketing Amartha, Fenny Febri Krisdayanti, dalam keterangannya di Surabaya, Rabu mengatakan pihaknya membantu memfasilitasi pembangunan sumur dan sarana air bersih untuk menanggapi status darurat kekeringan sekaligus upaya meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan 330 keluarga di tiga desa di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

"Program ini untuk menciptakan masyarakat desa yang tangguh melalui pemberdayaan sosial dan pembangunan infrastruktur yang memadai," katanya.

Ia menjelaskan, pihaknya ingin menciptakan masyarakat desa yang tangguh melalui pemberdayaan sosial serta pembangunan infrastruktur yang memadai, guna memperlancar akses terhadap layanan publik dan membuka peluang ekonomi baru.

"Kami meyakini  bahwa pemerataan kesejahteraan yang berkelanjutan untuk masyarakat akar rumput harus diiringi dengan upaya pelestarian lingkungan dan pemberdayaan sosial secara berlanjut. Salah satu bentuk yang dilakukan  adalah membangun sumur dan sarana air bersih bagi masyarakat," katanya.

Di kesempatan yang sama, Mitra Usaha Binaan Amartha, Misrati merasakan dampak positif program ini terhadap peningkatan pendapatan dari usahanya.

"Sulit sekali, kami menunggu sumber air dari pukul 24.00 WIB sampai pukul 02.00 WIB di sungai sambil membawa jerigen 40 liter. Program ini sangat membantu kami tidak perlu lagi ke sungai. Saya bisa fokus mengembangkan usaha saya tanpa perlu mengkhawatirkan air," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024