PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 7 Madiun mendukung penuh kesuksesan penyelenggaraan ASEAN Railway CEOs Conference (ARCEOs Conference) ke-44 di Bandung, Jawa Barat.

Manajer Humas KAI Daop 7 Madiun Kuswardojo mengatakan pihaknya telah mempersiapkan berbagai upaya guna memastikan kelancaran operasional selama konferensi berlangsung.

"Kami di Daop 7 Madiun mendukung penuh penyelenggaraan ARCEOs Conference ini. Persiapan operasional kereta api, pelayanan, dan kesiapan infrastruktur di wilayah Daop 7, telah kami lakukan untuk menjamin bahwa seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan lancar," ujar Kuswardojo di Madiun, Senin.

Menurutnya, ARCEOs Conference merupakan momentum penting bagi Indonesia untuk menunjukkan kemajuan dan inovasi dalam industri perkeretaapian.

"Kami percaya bahwa konferensi ini tidak hanya akan memperkuat kerja sama antar-operator kereta api di kawasan ASEAN, tetapi juga akan memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk memamerkan pencapaian terbaru dalam pengembangan transportasi kereta api," katanya.

Sebagai salah satu wilayah operasional yang telah menerapkan berbagai inovasi, Daop 7 Madiun merasa bangga dapat menunjukkan kontribusinya dalam meningkatkan kualitas layanan perkeretaapian.

Inovasi yang telah diimplementasikan, seperti penyediaan air minum gratis di Stasiun Madiun, Kertosono, Kediri, dan Blitar; penerapan sistem boarding dengan face recognition; serta penggunaan panel surya di Stasiun Madiun, menjadi bukti nyata komitmen Daop 7 dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang.

"Kami berharap inovasi-inovasi ini dapat menjadi contoh bagi operator kereta api lainnya di ASEAN, dan menunjukkan bahwa Daop 7 Madiun mampu bersaing dan berkontribusi pada kemajuan perkeretaapian di Indonesia," katanya.

Dalam mendukung ARCEOs Conference, Daop 7 Madiun juga memastikan bahwa seluruh layanan penumpang dan operasional di wilayah Daop 7 tetap berjalan dengan optimal tanpa hambatan.

"Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan," kata Kuswardojo.

ARCEOs Conference tahun ini diselenggarakan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI di Bandung, Indonesia pada 2-5 September 2024.

Ada delapan operator kereta yang akan menghadiri acara konferensi tersebut, yakni Keretapi Tanah Melayu (Malaysia), Vietnam Railways (Vietnam), Ministry of Public Works and Transport (Kamboja).

Selain itu, Lao National Railways (Laos), Philippine National Railways (Filipina), Myanma Railways (Myanmar), State Railway of Thailand (Thailand), dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) (Indonesia).

Ajang tersebut akan menjadi pelatform untuk berbagi praktik terbaik dalam hal operasi dan pemeliharaan, transformasi digital dan komersial perkeretaapian.

Dalam rangkaiannya, para delegasi memulai kegiatan dengan makan malam penyambutan, welcome dinner, hingga menjajal kereta cepat pertama di ASEAN Whoosh, Light Rail Transit (LRT), dan KA Panoramic.

Mengusung tema "Driving Sustainability with Digital Innovation", ARCEOs Conference tahun ini akan berfokus pada pembahasan perkembangan perkeretaapian berkelanjutan dan ramah lingkungan, didukung transformasi digital dalam aspek keselamatan dan pelayanan.

Rangkaian acara 44th ARCEOs Conference meliputi CEOs Meeting, Technical, Marketing and Operation, Sharing session dengan jajaran pakar, kegiatan sosial penanaman pohon, dan memperkenalkan Bandung sebagai kota wisata yang terkoneksi dengan KAI.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024