Jumlah legislator perempuan yang menjadi anggota DPRD Jember periode 2024-2029 meningkat menjadi 11 orang dibandingkan pada periode sebelumnya pada 2019-2024 sebanyak sembilan orang dari total anggota dewan sebanyak 50 orang.

Belasan perempuan tersebut dilantik bersama anggota DPRD Jember periode 2024-2029 dalam rapat paripurna pengucapan sumpah/janji yang digelar di ruang sidang utama DPRD Jember, Jawa Timur, Rabu.

"Alhamdulillah keterwakilan perempuan di DPRD Jember bertambah dan mudah-mudahan terus bertambah pada pemilu selanjutnya," kata anggota DPRD Jember Sunarsi Khoris usai pelantikan.

Dari 11 anggota dewan perempuan itu, empat orang di antaranya adalah petahana yakni yakni Suharyatik dari Partai Gerindra, Sunarsi Khoris dari PKB, Feni Purwaningsih dari PKS, dan Susmiati dari PPP.

"Kami akan berjuang untuk kepentingan perempuan melalui sejumlah program seperti pemberdayaan perempuan agar bisa mandiri di sektor perekonomian karena saat ini perempuan harus bisa menambah penghasilan suami," katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh legislator dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Indi Naidha yang mengaku siap mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai wakil rakyat selama 5 tahun mendatang dengan berpihak pada isu-isu perempuan.

"Sebagai salah satu perwakilan perempuan, saya akan berjuang untuk mengangkat kesejahteraan dan membuat program-program yang nantinya akan bermanfaat untuk kaum perempuan," tuturnya.

Ia berharap para legislator perempuan di DPRD Jember lebih solid untuk memperjuangkan isu-isu yang berpihak kepada perempuan baik di bidang pendidikan, kesehatan maupun ekonomi.

Usai pengambilan sumpah yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Jember Budiansyah maka dilakukan penyerahan pimpinan DPRD Kabupaten Jember sementara kepada Ahmad Halim dari Partai Gerindra yang memperoleh kursi terbanyak di DPRD Jember periode 2024-2029.

Dalam waktu dekat, DPRD Jember juga akan membentuk alat kelengkapan dewan agar para wakil rakyat tersebut bisa segera bekerja mengemban amanah untuk masyarakat Jember.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024