Timnas Malaysia U-19 akan menghadapi Indonesia pada laga semifinal Piala Asia U-19 atau ASEAN U-19 Boys Championship, setelah menahan imbang 1-1 atas Thailand pada laga pamungkas Grup C di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Kamis sore.

Jalannya pertandingan babak pertama, para penggawa Thailand langsung melancarkan serangan ke arah pertahanan Malaysia melalui permainan yang rapi dan disiplin.

Anak asuh Emerson Pereira memberikan kejutan kepada Malaysia dengan gol cepat yang dihasilkan oleh Caelan Tanadon Ryan akibat kesalahan yang dilakukan Muhamad Ridzwan pada menit ke-4.

Setelah unggul satu angka, tim berjuluk Gajah Perang Muda itu terus melakukan ancaman yang membuat Muhammad Bin Abu Khalil dan kawan-kawan bekerja keras untuk mengimbangi permainannya.

Namun anak asuh Juan Torres terus berusaha memberi ancaman dengan melakukan serangan balik, tapi selalu kandas di kaki para pemain belakang Thailand yang dikawal oleh Jhetsaphat Khuantanom.

Malaysia mendapat peluang emas melalui kaki Adam Haikal pada menit ke-45, namun ketangguhan penjaga gawang Thailand Kittipong Bunmak mampu menepis tendangan jarak jauhnya itu.

Hingga wasit meniup peluit tanda turun minum, skor tetap 0-1, and keunggulan milik Thailand.

Babak kedua, Malaysia yang tertinggal satu angka terus menggempur pertahanan Jhetsaphat Khuantanom dan kawan-kawan.

Petaka Thailand terjadi pada menit ke-47, setelah Muhammad Arami Wafiy yang mencoba menerobos ke arah gawang Kittipong namun dijatuhkan oleh Singha Marasa, wasit akhirnya menunjuk titik putih.

Tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan emas, Pavithran Gunalan yang melakukan eksekusi penalti pada menit ke-48 itu berhasil mengecoh Kittipong, sekaligus menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Timnas Malaysia lewat Adam Haikal dan Shafizan terus memberi ancaman bagi pertahanan Thailand. Begitu juga Gajah Perang Muda yang juga memberikan serangan balik.

Peluang emas Thailand terjadi pada menit ke-74 lewat kaki Jirapong Pungviravong, namun bola sontekannya masih membentur mistar gawang Malaysia dan berhasil ditangkap penjaga gawang Malaysia Faez Iqhwan.

Thailand kembali membuat peluang emas lewat tendangan bebas yang diambil Siradanai Phosri pada menit ke-90+1, namun sepakannya membentur tiang gawang sebelah kiri kiper Malaysia.

Hingga wasit asal Filipina Clifford Daypuyat meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor tetap imbang 1-1.

Pada laga grup C lainnya, Singapura U-19 berhasil mengalahkan lawannya Brunei Darussalam dengan skor 2-0 lewat gol dari Sahoo Garv menit 19' dan 40'.

Dari hasil kedua pertandingan itu, Malaysia berhak menempati peringkat pertama grup C dengan total 7 poin. Unggul produktivitas gol dari Thailand yang punya poin sama dengan total 17 gol.

Di semifinal, anak asuh Juan Torres itu akan bertemu Indonesia di Stadion GBT Surabaya, pada Sabtu (27/7), pukul 19.30 WIB. Sedangkan Thailand telah ditunggu juara Grup B, Australia, di tempat dan hari yang sama, pukul 15.00 WIB.


Daftar susunan pemain kedua tim:

Timnnas Malaysia U-19:
Faez Iqhwan Bin Muhamad Azmi (PG), Muhamad Ridzwan Bin Rosli, Muhamad Faris Danish Bin Mohd Asrul, Mohamad Zamirul Hakim Bin Mohamad Khair, Muhammad Bin Abu Khalil (C), Pavithran Gunalan, Mohamad Amir Farhan Mohd Fuzi, Muhammad Danial Bin Mohd Nor, Muhammad Aiman Hakimi Bin Othman, Muhammad Arami Wafiy Bin Mohamad Zakimi, Adam Haikal Bin Azizol.
Pelatih: Juan Torres Garrido​​​​​​​

Timnas Thailand U-19:
Kittipong Bunmak (C), Pikanet Laohawiwat, Jhetsaphat Khuantanom, Singha Marasa, Rapeephat Padthaisong, Thanawut Phochai, Caelan Tanadon Ryan, Thanakrit Chotmuangpak, Piyawat Petra, Pakawat Taengoakson, Phongsakon Sangkasopha.
​​​​​​​Pelatih: Emerson Pereira Da Silva

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024