Pembalap sepeda Jasper Philipsen (Alpecin–Deceuninck) memenangkan balapan sprint pada Etape 16 Tour de France yang bergulir di Gruissan-Nimes, Rabu WIB.

Dikutip dari laporan AFP, Philipsen menumbangkan pemilik jersey hijau Biniam Girmay (Intermarché–Wanty) yang terjatuh saat mencoba melintasi bundaran di Nimes bersama sejumlah pembalap sepeda lainnya. Kecelakaan itu pun membuat siku Girmay berdarah dan terluka.

“Anda tidak suka melihat siapa pun terjatuh, saya harap dia bisa terus melaju nanti,” kata Philipsen, yang mencapai kecepatan 70km/jam saat ia menembus garis finis sprint.

Baca juga: Tour de France: Vingegaard kalahkan Pogacar di Etape 11

“Ini merupakan kemenangan yang sulit didapat di Tour de France, dan terasa luar biasa,” ujar pembalap sepeda asal Belgia itu.

Philipsen, yang memenangkan jersey hijau tahun lalu, kini memiliki 344 poin dan terlampau 32 poin saja dari Girmay dalam peringkat balap sprint Tour de France 2024.

Kedua pembalap ini sama-sama memiliki tiga kemenangan etape, tetapi Philipsen harus kehilangan poin penting dalam perebutan jersey hijau setelah terdegradasi dari posisi kedua ke posisi bawah karena dinilai melakukan pelanggaran pada Etape 6 di Dijon.

Sementara itu, dalam perebutan jersey kuning, Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) masih memimpin klasemen sementara dan unggul 3 menit 09 detik atas juara bertahan Jonas Vingegaard (Visma-Lease a Bike).

Lebih lanjut, Remco Evenepoel (Soudal-Quick-Step) tetap berada di urutan ketiga dengan waktu 5 menit 19 detik. Ia masih memiliki beberapa etape yang berpotensi mengubah permainan dalam waktu dekat ini.

Evenepoel yang berusia 24 tahun, juga memimpin klasemen jersey putih pada Tour de France pertamanya ini.

Di sisi lain, Etape 17 yang akan datang pada Rabu (17/7) waktu setempat, siap membawa peloton kembali ke pegunungan dengan garis finis di resor ski bernama SuperDevoluy.

Dua tahapan pendakian yang mematikan kemudian datang pada hari Jumat (19/7) dan Sabtu (20/7) di sekitar Nice.

 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024