Kabupaten Lumajang menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi anda yang ingin mencari tempat berlibur untuk memanfaatkan waktu berkualitas bersama keluarga tercinta atau teman-teman terdekat karena tidak hanya populer dengan keindahan bukit-bukit dan air terjun. 

Di Kota Pisang tersebut memiliki tempat wisata baru yang tengah populer, yakni wisata hutan pinus Poncosumo yang berada di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Dari pusat Kota Lumajang, jarak tempuhnya sekitar 38 kilometer, dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam dan akses menuju ke sana juga mudah, baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Pemandangan yang asri dan atmosfer udara yang segar membuat wisata tersebut menjadi tempat yang rekomended bagi anda sekeluarga dan kawan-kawan yang ingin healing dan menyegarkan pikiran. 

Objek wisata yang baru dibuka pada saat Natal 2023 itu sudah ramai dikunjungi, meskipun belum dibuka secara resmi karena masih dalam proses perizinan melalui kerja sama dengan Perhutani.

"Meski masih tergolong baru, wisata tersebut sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan, khususnya di hari-hari libur, baik yang sekadar piknik dan sudah ada yang berkemah," kata Ketua Lingkungan Wisata Hutan Pinus Poncosumo, Sunari.

Wisata hutan asri itu menawarkan keindahan pepohonan pinus yang menjulang tinggi disertai aliran sungai yang bisa dimanfaatkan untuk bermain air, bahkan tak sedikit pengunjung yang menggelar tikar sambil menikmati indahnya alam hutan.

Wisatawan juga bisa berkemah di tengah-tengah keindahan pepohonan hutan pinus yang ada di lokasi wisata tersebut, baik dengan membawa tenda sendiri maupun menyewa yang disediakan pengelola.

"Untuk tarif kemah sebesar Rp30 ribu dengan membawa tenda sendiri. Biaya itu untuk keamanan dan lain-lain. Kalau untuk sewa tenda kurang lebih Rp50 ribu dengan fasilitasi maksimal berisi 4 orang," tuturnya.

Sementara wisatawan yang hanya piknik dan menikmati keindahan hutan pinus tidak dipungut biaya, sehingga pengunjung bisa membayar seikhlasnya saja.

Di lokasi wisata hutan pinus itu, sudah ada puluhan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang berjualan makanan maupun minuman dengan harga terjangkau.

Pengelola juga bekerja sama dengan Kelompok Swadaya Masyarakat Bank Sampah Sumber Kahuripan Desa Sumberwuluh untuk menjaga kebersihan lokasi wisata, sehingga setiap sore para pemilik warung membersihkan sampah yang ada di sekitarnya, kemudian langsung diambil oleh kelompok bank sampah.

Nah bagi anda yang ingin berkemah sambil menikmati suasana hutan pinus nan asri, maka wajib mencoba wisata Hutan Pinus Poncosumo yang berada di Kabupaten Lumajang.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024