Persebaya Surabaya menang 2-0 atas tamunya Persibo Bojonegoro dalam pertandingan Anniversary Game yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Minggu malam.

Dua gol Persebaya dicetak oleh M Rashid pada menit ke-70 dan Bruno Moreira menit ke-86.

Jalannya pertandingan pada babak pertama Persebaya langsung menyerang lewat Bruno Moreira yang telah menunggu umpan Andre Oktaviansyah di posisi sebelah kanan pertahanan Persibo.

Oktafianus Fernando yang berdiri bebas, pada menit ke-3 membuat peluang melalui tendangan kaki kanannya, namun masih bisa ditepis oleh penjaga gawang Persibo yang dikawal Diaz Priambodo.

Pemain anyar Persebaya Flavio Silva sempat melesakkan bola ke gawang Persibo pada menit ke-5, namun golnya dianulir oleh wasit karena dianggap dalam posisi offside.

Para penggawa klub yang berjuluk Bajol Ijo itu bermain secara atraktif dengan kombinasi umpan-umpan pendek yang berhasil membuat pertahanan Persibo tertekan.

Hingga menit ke-10, klub yang memiliki julukan Laskar Angling Dharma tersebut masih di bawah tekanan, namun belum ada peluang emas yang didapatkan para penggawa Green Force.

Anak asuh Ade Suhendra tersebut masih bisa menahan genpuran Bruno dkk, bahkan beberapa kali sempat menyerang pertahanan Persebaya.

Bruno Moreira membuat peluang pada menit ke-27 yang terlepas dari jebakan offside para penggawa Persibo, namun tendangannya dari kanan pertahanan lawan masih bisa diblok oleh penjaga gawang Diaz.

Dua menit kemudian, giliran Malik Risaldi membuat peluang lewat sundulannya hasil umpan dari Bruno Moreira. Sayang sundulan pemain kelahiran Surabaya itu masih belum terarah ke gawang Persibo.

Oktavianus Fernando kembali membuat peluang pada menit ke-33, sayang tendangannya digagalkan oleh tiang gawang Persibo, bahkan bola muntahan tersebut tidak bisa dijangkau oleh rekan lainnya.

Kombinasi Malik-Bruno membuat pertahanan anak asuh Ade Suhendra kocar-kacir, pasalnya pemain asal Brasil tersebut lolos dari pemain Persibo dan mengarahkan bola ke Malik, sayangnya tendangannya belum terarah pada menit ke-35.

Hingga wasit meniup peluit tanda turun minum, baik Persebaya maupun Persibo masih belum bisa membuahkan gol.

Babak kedua, anak asuh Munster itu langsung menyerang pertahanan lawan, namun pertahanan Persibo masih sulit untuk dibobol.

Kapten Persibo Diego Banowo pada menit ke-53 membuat peluang pertama bagi timnya melalui umpan langsung, namun tendangannya masih melambung di atas mistar gawang Persebaya yang dijaga pengganti Ernando Ari, yakni Andhika Ramadhani.

Gempuran benar-benar dilakukan penggawa klub kebanggaan Arek-Arek Suroboyo itu, dari Riswan Lauhim lewat sundulannya dan tendangan kaki kanan Bruno Moreira, namun penjaga gawang Persibo Diaz Priambodo dengan sigap mengawal gawangnya.

Giliran M Rashid pada menit ke-65 membuat peluang dengan tendangan first time nya namun masih membentur pemain lawan, hanya menghasilkan tendangan pojok.

Persebaya baru bisa mencetak gol pada menit ke-70 setelah M Rashid mendapat umpan dari tendangan pojok dan sundulannya berhasil bersarang ke gawang Persibo. Skor sementara berubah menjadi 1-0.

Bruno Moreira kembali membuat peluang pada menit ke-75, sayang tendangannya membentur mistar gawang Diaz Priambodo.

Akhirnya Bruno Moreira berhasil menaklukkan gawang Persibo pada menit ke-86 lewat tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti hasil umpan dari Alfan Sueb. Skor sementara berubah menjadi 2-0. 

Wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan lebih cepat diakibatkan para suporter dengan bersamaan menyalakan flare saat gol kedua Persebaya terjadi.

Panitia pelaksana (Panpel) Persebaya langsung mengimbau para penonton yang membawa anak kecil untuk segera meninggalkan Stadion kebanggaan Kota Surabaya.

Berikut daftar susunan pemain kedua tim:

Persebaya Surabaya:
Ernando Ari Sutariyadi (PG), Riswan Lauhim, Kadek Raditya, Alfredo Tata, Arief Catur Pamungkas, Andre Oktaviansyah, Gilson Costa, Oktafianus Fernando, Malik Risaldi, Bruno Moreirav(C), Flavio Silva.
Pelatih: Paul Munster

Persibo Bojonegoro:
Diaz Priambodo (PG), Harly Cahya, Ardi Ramdani, Shaffa Abdillah, Kadir Toyo, Galuh Aryanata, Aji Restu, Dedi Hartono, Gufroni, Diego Banowo (C), Azka Fauzi
Pelatih: Ade Suhendra.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024