Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Probolinggo menyalurkan bantuan pompa hidran kepada masyarakat untuk mengatasi krisis air bersih yang terjadi di salah satu desa di kabupaten setempat.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo yang juga mantan Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko secara langsung meresmikan pemanfaatan pompa hidran dan jaringan hasil karya nyata aksi Pramuka Peduli Probolinggo untuk masyarakat di Dusun Krajan RT 04 RW 01, Desa/Kecamatan Lumbang, Rabu.

"Pramuka Peduli Probolinggo itu merupakan sebuah program kolaborasi antara Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo dengan para pensiunan ASN Pemkab Probolinggo," kata Timbul Prihanjoko di sela-sela kegiatan di Desa Lumbang.

Menurutnya pemanfaatan hasil karya nyata aksi Pramuka Peduli itu dilakukan dengan penyaluran sarana air bersih ke belasan rumah warga di Desa Lumbang, Kecamatan Lumbang.

"Saya apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kegiatan Pramuka Peduli Probolinggo berupa penyaluran air bersih kepada masyarakat dan semoga menjadikan amal jariyah," tuturnya.

Ia mengatakan kegiatan itu sebagai bukti bahwa gerakan Pramuka hadir di masyarakat dan ikut serta membangun masyarakat dan mendukung program pemerintah daerah.

Peresmian itu ditandai dengan pembukaan kran air pertama pertama sebagai bukti mulai dialirkan nya air bersih karya Aksi Pramuka Peduli Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo.

"Semoga kegiatan itu bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat, baik kebutuhan sehari-hari maupun untuk kebutuhan ibadah," ujarnya.

Sementara Camat Lumbang, Saniwar mengaku sangat senang dan bangga atas adanya kegiatan Pramuka Peduli kepada warganya yang nantinya akan mendapatkan sarana air bersih yang selama ini menjadi salah satu wilayah yang kesulitan air bersih.

"Mudah-mudahan melalui program Pramuka Peduli Probolinggo, masyarakat tidak lagi kesulitan untuk mendapatkan air bersih dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari," katanya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024