Kejuaraan Dunia Formula 1 musim 2024 telah memasuki balapan ronde ke-11 yang pada akhir pekan ini, 28-30 Juni, bakal berlangsung di Red Bull Ring, Spielberg, Austria.

Dengan tiga lintasan lurus yang mendominasi paruh awal dari lap balapan sebelum menuju sejumlah tikungan berkecepatan sedang dan cepat, Sirkuit Red Bull Ring benar-benar memaksimalkan ukurannya yang relatif pendek.

Sirkuit yang berada di tengah lembah pegunungan Alpen di wilayah Styria itu akan kembali menjadi arena balap Sprint pada Sabtu sebelum balapan utama Grand Prix Austria pada hari berikutnya.

Baca juga: Formula 1: Hamilton bersyukur dapatkan P3 di kualifikasi GP Spanyol
 

Oleh karena itu, tim dan pembalap memiliki hanya satu sesi latihan sebelum kualifikasi pada Jumat dan balapan Sprint pada esok harinya, yang berarti sempitnya jendela waktu untuk menemukan setelan yang pas untuk tunggangan mereka.

Sirkuit Red Bull Ring
Panjang lintasan: 4,318km
Rekor lap tercepat: 1:05,619 (Carlos Sainz, McLaren, 2020)
Jarak balapan: 306,452 km (71 putaran)
Pemenang Grand Prix Austria 2023: Max Verstappen (Red Bull)
Pole GP Austria 2023: Verstappen (Red Bull)
Pemenang Sprint 2023: Verstappen (Red Bull)

Catatan resmi FIA menunjukkan pole cukup menawarkan keuntungan yang banyak di Spielberg. Sejauh ini, ada setidaknya 10 kemenangan yang diraih pembalap yang start terdepan di Austria dalam 19 balapan terakhir di sana.

Namun, hanya satu kali balapan dimenangi oleh pembalap yang start di belakang dua baris terdepan yaitu ketika David Coulthard naik podium teratas di Spielberg pada 2001 dari posisi start ketujuh.

Selain Verstappen, tiga pembalap lainnya di grid saat ini pernah merasakan kemenangan di Austria. Mereka adalah Lewis Hamilton (2016/Mercedes), Valtteri Bottas (2020/Mercedes), dan Charles Leclerc, yang memenangi balapan tahun 2022 bersama Ferrari.

Soal jumlah kemenangan, Ferrari dan McLaren sama-sama mengantongi enam kemenangan di GP Austria. Mercedes memiliki peluang menyamai capaian itu setelah lima kali menang di GP Austria sejak balapan itu kembali ke kalender pada 2014.

Sementara itu, GP Austria musim ini dimulai pada Jumat (28/6), akan bergulir sesi latihan bebas (FP) 1 pada pukul 17.30 WIB, serta kualifikasi Sprint pada pukul 21.30 WIB.

Lebih lanjut, di hari Sabtu, balapan Sprint dan kualifikasi balapan utama yang masing-masing akan digelar pada pukul 17.00 WIB dan 21.00 WIB.

Sementara, balapan utama GP Austria bakal diadakan pada Minggu (30/6) pukul 20.00 WIB.

 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024