Bupati Situbondo Karna Suswandi memantau langsung aktivitas penyembelihan hewan kurban di rumah pemotongan hewan guna memastikan pemotongan hewan sudah sesuai prosedur dan syariat Islam.

Salah satunya, bupati didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) setempat memantau penyembelihan hewan kurban di di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Senin.

"Kami datang dan meninjau langsung penyembelihan hewan kurban ini tentunya untuk memastikan hewan kurban disembelih sesuai prosedur sehingga daging kurban dikonsumsi dan sehat bagi penerima," kata Bung Karna, sapaan akrabnya di sela memantau penyembelihan hewan kurban.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Situbondo Sulistiyani mengemukakan bahwa di Situbondo sudah ada enam orang juru sembelih halal atau jagal hewan kurban profesional.

"Di Situbondo ada tiga rumah pemotongan hewan (RPH), di Desa Semberkolak (kawasan perkotaan), Kecamatan Asembagus dan Besuki. Masing-masing RPH ada dua juru sembelih halal membantu pemotongan hewan kurban," katanya.

Sulistiyani menjelaskan bahwa juru sembelih halal atau juleha yang tersebar di tiga rumah pemotongan hewan tersebut sudah mengantongi sertifikat.

"Jadi, kami tegaskan bahwa juru sembelih halal di tiap RPH ada dua orang itu sudah bersertifikat," ucapnya.

Pada momentum Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, kata Sulistiyani, Dinas Peternakan dan Perikanan setempat juga telah menerjunkan sebanyak 90 orang petugas pemeriksaan kesehatan hewan kurban.

"Ada 90 orang petugas yang bertugas memeriksa kesehatan dan kelayakan hewan kurban sapi maupun kambing tersebar di 17 kecamatan," ujarnya.(*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024