Kelurahan Surodinawan, Kota Mojokerto, Jawa Timur menjadi tiga terbaik lomba desa dan kelurahan tingkat Jawa Timur serta sebagai pelaksana terbaik 10 program pokok PKK Provinsi Jawa Timur tahun 2024.

Penjabat (Pj) Wali Kota Mojokerto Ali Kuncoro di Kota Mojokerto, Rabu, mengatakan dalam lomba ini Kelurahan Surodinawan dinyatakan menjadi tiga terbaik di antara kota-kota se-Jawa Timur setelah penilaian administrasi dan wawancara.

"Kami berharap tim penilai memberikan masukan dan saran yang bermanfaat bagi peningkatan kinerja kami ke depannya. Kami yakin, dengan bimbingan dan evaluasi dari tim penilai, kami dapat lebih baik lagi dalam mengelola pemerintahan serta menjalankan 10 Program Pokok PKK," katanya di sela penyambutan tim penilai yang dipimpin oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur sekaligus Ketua Tim Budi Sarwoto di Pendopo Rumah Rakyat, Kota Mojokerto.

Dalam kesempatan itu, Ketua Tim Penilau Budi Sarwoto menyampaikan lomba kelurahan dilaksanakan bersamaan dengan lomba pelaksana terbaik 10 Program PKK kelurahan atau desa yang baik itu pasti didukung oleh PKK yang kuat.

"TP PKK dan kelurahan itu saling melengkapi, tidak mungkin desa itu bisa maju apabila PKK desanya tidak mendukung," ujarnya.

Sarwoto mengatakan, bahwa Kelurahan Surodinawan masuk menjadi tiga besar kelurahan terbaik tentunya setelah penilaian dari tim secara objektif.

"Tim juri telah menilai secara objektif, bukan karena Mas Pj (Ali Kuncoro) selaku wali kota adalah kepala OPD di provinsi, tiga nominasi yang sudah kita tunjuk telah dipilih secara objektif oleh tim juri dan betul-betul layak untuk menjadi tiga besar," katanya.

Dalam lomba desa dan kelurahan serta pelaksana terbaik 10 program pokok PKK Provinsi Jawa Timur tahun 2024 terdapat tiga bidang yang menjadi penilaian yaitu bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan.

Di mana dalam bidang pemerintah Kelurahan Surodinawan memiliki inovasi pelayanan Suket Plano Reborn (Surat Keterangan Pelayanan Online) dan inovasi Suromed Center (Surodinawan Media Center). Sedangkan dalam Bidang Kewilayahan terdapat inovasi Asman Toga (Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga) serta dalam Bidang Kemasyarakatan ada inovasi Tiger Banting Siburuk (Tim Gerak Cepat Berantas Stunting dan Gizi Buruk).

Selain itu juga juga terdapat inovasi yang merupakan hasil kolaborasi dengan TP PKK Kelurahan Surodinawan diantaranya Lumbung Bersahabat, (Lumbung pengumpulan Bantuan masyarakat untuk warga yang membutuhkan), Jumat Beranting (Jumat Berkah Atasi Stunting) dan Kelir Cantik’s (Kelas Ibu Hamil, Remaja dan Calon Pengantin).

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024