Pj Wali Kota Madiun Eddy Supriyanto meminta masyarakat Kota Madiun konsisten menjaga kelestarian lingkungan hidup sebagai upaya untuk mengurangi dampak perubahan iklim yang menjadi tantangan dunia.

"Dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 ini, semoga bisa menjadi momentum penting untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran, dan kepedulian secara konsisten dalam upaya memperbaiki lingkungan keberlanjutan," ujar Pj Wali Kota Eddy saat mempimpin apel rutin dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di halaman Balai Kota Madiun, Senin.

Menurut dia, menjaga kelestarian lingkungan merupakan tanggung jawab bersama semua makhluk hidup di bumi. Hal itu dapat diwujudkan melalui hal yang paling kecil, di antaranya menjaga kebersihan lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan, hingga menanam pohon.

Adapun, Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Juni sesuai keputusan Majelis Umum PBB pada tahun 1972 saat Konferensi Stockholm.

Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 adalah "Land Restoration, Desertification, and Drought Resilience" dengan slogan "Our Land, Our Future, Generation Restoration".

Dalam kesempatan itu, juga sekaligus diserahkan penghargaan kepada sekolah yang menyandang Adiwiyata 2024 di tingkat provinsi. Ada 11 sekolah di Kota Madiun yang berhasil lolos menyandang predikat tersebut, di antaranya SD Al Husna, SD Muhammadiyah, dan SD Islam Siti Hajar.

Juga diberikan penghargaan kepada empat Kelurahan Berseri, yakni Kelurahan Kartoharjo, Kelurahan Kelun, Kelurahan Nambangan Lor, dan Kelurahan Kuncen. Serta pemberian penghargaan kepada kelurahan yang berhasil meraih predikat "Go Green and Clean".
 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024