Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) RI memprakirakan cuaca mayoitas kota besar di Indonesia berawan hingga hujan pada Jumat ini.

Melalui laman web resmi BMKG di Jakarta, Jumat, BMKG menyebut sejumlah wilayah diprakirakan berawan, di antaranya Padang, Pangkal Pinang, Semarang, Yogyakarta, Denpasar, Pontianak, Tarakan, Mamuju, Kendari, dan Manado.

Sejumlah wilayah juga diprakirakan cerah berawan, seperti Banda Aceh, Jambi, Pekanbaru, Palembang, Serang, dan Jakarta.

Sementara hujan dengan intensitas ringan diprakirakan turun di Medan, Tanjung Pinang, Bandung, Mataram, Kupang, Palangkaraya, Samarinda, Makassar, Gorontalo, Ternate, Manokwari, dan Jayapura.

Baca juga: BMKG: Cuaca Surabaya cerah pada Kamis ini

Kemudian hujan dengan intensitas sedang diprakirakan turun di Ambon, serta hujan dengan disertai petir diprakirakan mengguyur Banjarmasin.

Adapun cuaca cerah diprakirakan hanya terjadi di Bengkulu, Bandar Lampung, dan Surabaya saja, dengan suhu udara berkisar 21-33 derajat celsius.

BMKG mengungkapkan suhu permukaan Jakarta meningkat signifikan sebesar 1,6 derajat Celsius dalam 130 tahun terakhir akibat perubahan lanskap dari sebelumnya dominan vegetasi tumbuhan menjadi kawasan properti.

Hal tersebut berakibat pada tren peningkatan secara signifikan dengan sifat curah hujan yang mengalami perubahan, seperti hujan semakin deras, namun durasi lebih pendek. Curah hujan meningkat saat pagi hari dan pergeseran hujan siang ke malam hari, serta peningkatan frekuensi dan intensitas hujan pada musim hujan.

"Kita akan terus mengalami perubahan itu, tetapi yang pasti perubahan lanskap dan lingkungan akan menghasilkan konsekuensi, salah satunya konsekuensi terhadap iklim," tutur Praktisi Cuaca dan Iklim Ekstrem BMKG Siswanto.

Pewarta: Sean Filo Muhamad

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024